Mobil listrik Lotus hanya perlu 9 menit untuk isi penuh baterai

Lotus mengatakan ini akan menjadikannya “hypercar listrik produksi paling ringan” dan Evija juga digadang-gadang sebagai “mobil dengan kualitas produksi paling kuat” saat resmi meluncur.

Mobil listrik Lotus hanya perlu 9 menit untuk isi penuh baterai

Lotus, pabrikan mobil mewah asal Inggris baru saja mengumumkan hypercar listrik terbarunya dengan sebutan Evija. Mobil ini diklaim mampu menarik perhatian pecinta mobil lantaran mampu ditandingkan dengan beberapa mobil tercepat di dunia ketika selesai diproduksi pada tahun 2020.

Evija diinformasikan mengantungi mesin berkekuatan 1.972 tenaga kuda berkat empat motor listrik yang diembannya. Lotus merancang masing-masing motor listrik tersebut khusus mentenagai tiap roda Evija. Oleh karenanya, mobil listrik ini menjanjikan kecepatan maksimal 400 km/jam.


BACA JUGA

Menjajal MBUX, sistem asisten digital milik Mercedes-Benz

Waymo uji coba kendaraan otonom dalam kondisi hujan lebat

Ford siap produksi dua mobil listrik lagi


Perusahaan tersebut juga mengatakan baterai mobil dapat diisi ulang hingga 80 persen dari kosong hanya dalam tempo 12 menit pada pengisi daya 350 kW. Sedangkan baterai akan terisi penuh hanya dalam waktu 18 menit pengisian. Janji ini karena mereka sesumbar menyediakan teknologi pengisian 800 kW, Lotus mengatakan pengisian penuh akan memerlukan waktu hanya 9 menit.

Kecepatan maksimal yang diraihnya juga karena bobotnya yang relatif ringan pada 1.680 kg. Lotus mengatakan ini akan menjadikannya “hypercar listrik produksi paling ringan” dan Evija juga digadang-gadang sebagai “mobil dengan produksi paling kuat” saat resmi meluncur nanti. Dalam hal desain, Evija menawarkan tampilan hypercar modern seperti pabrikan McLaren dan Ferrari selama dekade terakhir.

Dengan demikian, bahasa desain Evija terlihat seperti persilangan antara McLaren dan mobil balap futuristik. Hal ini terjadi juga pada bagian interior yang menampilkan setir bergaya balap pada dasbor. Konsol tengah juga bagian panting yang harus dilihat, bagian ini sebagian besar adalah rumah bagi akses panel sentuhnya.

Pintunya tidak dilengkapi dengan pegangan konvensional dan hanya dapat dibuka menggunakan kunci atau dengan tombol di atap. Kursi dan setir dilapisi dengan kain Alcatara. Lampu depan menggunakan laser untuk menerangi jalan. Kaca spion telah diganti oleh kamera kecil yang dapat keluar dari sisi mobil.

Sebagai mobil listrik modern, tentu saja Evija terhubung dengan komputasi cloud dan dapat diperbarui secara over-the-air (OTA) seperti halnya memperbarui software pada ponsel Anda. Lotus sedang mengembangkan aplikasi pendamping, tetapi mobil ini juga mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Dilansir dari The Verge (16/7), hypercar ini hanya akan dibuat sebanyak 130 unit saja dengan harga GBP1,5 juta (Rp26 miliar).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: