sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 09 Sep 2022 16:34 WIB

Microsoft uji taskbar ramah tablet di Windows 11, bakal hadir di laptop 2-in-1

Taskbar Windows 11 ramah tablet ini nantinya hanya akan tersedia untuk perangkat kompatibel seperti laptop 2-in-1.

Microsoft uji taskbar ramah tablet di Windows 11, bakal hadir di laptop 2-in-1

Microsoft memperkenalkan taskbar ramah tablet dalam pratinjau terbaru di Windows 11. Ini berarti, perusahaan kembali melakukan pengujian pada Windows 11 untuk uji coba fungsi mereka agar lebih ramah di perangkat kompatibel seperti laptop 2-in-1 yang dapat berfungsi layaknya tablet. 

Seperti diketahui, Microsoft sebelumnya juga pernah menguji fitur taskbar ramah tablet pada Februari 2022 lalu. Namun, perusahaan kala itu menarik kembali fitur tersebut dari peredaran dengan alasan untuk memperoleh pengembangan yang lebih baik di segi internalnya. 

Dilansir dari The Verge (9/9), unggahan terbaru di blog resmi Microsoft menyebut, percobaan Windows 11 yang ramah tablet ini akan diluncurkan ke Windows Insiders di saluran pengembang. Nantinya, fitur ini juga hanya akan tersedia untuk perangkat yang dapat digunakan sebagai tablet, seperti laptop 2-in-1, dan tidak akan berfungsi di perangkat laptop biasa maupun desktop. 

Taskbar ramah tablet ini dirancang agar mempunyai tampilan tersembunyi saat pengguna tidak mengaktifkan mode tablet. Dengan begitu, nantinya pengguna bakal dimungkinkan memiliki lebih banyak ruang pada layar perangkat. 

Untuk pengoperasiannya, taskbar ini akan memperlihatkan beberapa indikator penting seperti jam dan persentase baterai saat disentuh dan diciutkan. Sementara ketika taskbar ini diperluas, maka  pengguna bakal dapat melihat beberapa aplikasi hingga widget yang dapat digunakan. Lebih lanjut, taskbar ini juga akan kembali ke posisi normal layaknya laptop biasa ketika ketika terputus dari mode tablet. 

Di samping uji coba taskbar ramah tablet, Microsoft juga meluncurkan fitur lain yang berfungsi untuk perangkat non 2-in-1 di update terbaru mereka. Pembaruan ini akan menghadirkan System Tray serta mencakup beberapa perbaikan bug pada Pengaturan, Widget, Taskbar hingga Windows.

Share
×
tekid
back to top