sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Selasa, 16 Apr 2024 09:39 WIB

Meta tutup Threads di Turki karena berbagi data otomatis

Meta akan menutup Threads di Turki pada tanggal 29 April setelah adanya perintah sementara dari Otoritas Persaingan Turki (TCA) yang melarang berbagi data otomatis dengan Instagram.

Meta tutup Threads di Turki karena berbagi data otomatis

Meta akan menutup Threads di Turki pada tanggal 29 April setelah adanya perintah sementara dari Otoritas Persaingan Turki (TCA) yang melarang berbagi data otomatis dengan Instagram. TCA memutuskan bahwa menghubungkan Threads dan Instagram tanpa keikutsertaan pengguna “akan menyebabkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki” dan bahwa Meta “menyalahgunakan posisi dominannya” di industri dengan praktik tersebut.

Dilansir dari Engadget (16/4), TCA juga menyatakan bahwa hubungan ini ada terutama untuk meningkatkan “kekuatan pasar” perusahaan.

Ketimbang membuat perubahan apa pun pada cara Instagram dan Threads berintegrasi di wilayah tersebut, Meta justru menarik aplikasi media sosial yang baru lahir itu. Perusahaan mengatakan ini hanyalah tindakan sementara karena mereka berupaya mengajukan banding atas perintah tersebut, tetapi tidak ada jadwal untuk itu.

Sementara itu, Meta menyarankan agar pengguna di Turki menonaktifkan akun mereka atau menghapusnya seluruhnya. Mereka yang menonaktifkan postingan dan interaksinya akan dipulihkan “jika Threads kembali” ke negara tersebut.

Regulator Turki bukanlah satu-satunya pihak yang menganggap penautan otomatis antara Threads dan Instagram agak menakutkan. Ini telah menjadi perdebatan sejak platform ini diluncurkan tahun lalu. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat terikat satu sama lain sehingga pengguna bahkan tidak dapat menghapus akun Threads tanpa menutup akun Instagram mereka, meskipun Meta telah memperbaikinya beberapa bulan yang lalu.

Meta juga mulai mempromosikan postingan Threads di Facebook dan Instagram tanpa persetujuan pengguna, yang pada akhirnya memungkinkan orang untuk memilih tidak ikut serta dalam “fitur” tersebut. Ini adalah jenis pembagian data otomatis yang menyulitkan TCA, yang mengarah pada keputusan baru-baru ini.

Selain itu, ini bukanlah pertarungan regulasi pertama antara Meta dan Turki. Negara tersebut mendenda Meta $18,6 juta pada tahun 2022 karena berbagi data di seluruh aplikasinya, menurut laporan oleh TechCrunch. Hal ini merupakan dugaan pelanggaran terhadap undang-undang persaingan usaha di negara tersebut.

Turki meminta Meta untuk menyerahkan dokumen yang merinci upayanya untuk menghentikan pelanggaran undang-undang ini, namun regulator Turki mengatakan bahwa penjelasannya masih kurang. Oleh karena itu, negara tersebut memberikan denda tambahan kepada Meta, hingga $160.000 setiap hari.

Share
×
tekid
back to top