sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
Kamis, 13 Mei 2021 15:34 WIB

Kisah UMKM tingkatkan penjualan via Tokopedia

​​​​​​​Tokopedia membagikan cerita Monel Official dan Gonegani sebagai dua pegiat usaha fesyen muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye Ramadan in Style.

Kisah UMKM tingkatkan penjualan via Tokopedia

Tokopedia membagikan cerita Monel Official dan Gonegani sebagai dua pegiat usaha fesyen muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye Ramadan in Style. Kampanye ini sendiri sudah berlangsung pada bulan Ramadan tahun ini. Berkat keikutsertaannya dalam kampanye ini, Monel hingga Gonegani mendapati peningkatan transaksi penjualan.

  • Monel Official

Maraknya penjualan busana muslim dan hijab pada 2011, menginspirasi Irma Mariam bersama empat sahabatnya untuk memulai usaha Monel. Irma menawarkan beragam produk fesyen muslim, mulai dari hijab, scarf hingga berbagai gaun muslim lainnya dengan nuansa colorful.

Setelah toko offline Monel terpaksa tutup sementara karena PSBB, Irma beradaptasi dengan buka toko online Tokopedia pada Juli 2020. “Kami juga rajin ikut berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya Ramadan in Style, yang mendorong peningkatan transaksi toko lebih dari 7x lipat selama dua minggu pertama Ramadan dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya,” kata Irma mewakili Monel Official.

Selain mendorong penjualan, Tokopedia juga telah membantu Monel meraup omzet ratusan juta. Melalui Monel, Irma bersama empat sahabatnya pun turut memberdayakan sejumlah penjahit lokal dari Bandung dan Garut.

  • Gonegani

Laki-laki asal Jambi, Khairul Gani, mencari cara agar dapat hidup mandiri selama kuliah di Malang. Ia melihat peluang usaha di industri fesyen yang digemarinya. “Saya terjun ke industri ini dengan berjualan baju siap pakai. Dengan modal hanya Rp1 juta untuk produksi, saya kemudian membuat baju rancangan sendiri dengan nama Gonegani pada 2016,” ujarnya.

Ternyata usaha Gani pun melesat. Ia konsisten berkolaborasi dengan sejumlah influencer dan memanfaatkan Tokopedia untuk menjangkau pasar lebih luas. “Nama Gonegani bahkan sampai Aceh dan Papua. Omzet saya juga meningkat menjadi ratusan juta per bulan,” kata Gani.

Gani pun berbagi kiat sukses dalam menjalankan usaha terutama di kala pandemi. “Selalu utamakan kualitas dan jangan lupa menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Hargai setiap proses karena hasil tak akan pernah mengkhianati usaha,” pesannya.

Set busana muslim keluarga dan baju koko sendiri menjadi beberapa produk di kategori Fashion Muslim Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama minggu pertama Ramadan 2021.

“Transaksi baju koko, misalnya, meningkat hampir 5x lipat, sedangkan transaksi set busana muslim keluarga meningkat lebih dari 5,5x lipat,” kata Falah Fakhriyah, Head of Category Development (Fashion) Tokopedia.

Falah membantu pegiat usaha di industri fesyen lokal beradaptasi di tengah pandemi lewat Tokopedia, salah satunya dengan meng-online-kan bazar fesyen yang sebelumnya dilakukan offline.

Beragam program yang dihadirkan Falah dan timnya turut berkontribusi pada peningkatan jumlah penjual di Tokopedia. Saat ini, ada lebih dari 10 juta penjual di Tokopedia, artinya melonjak lebih dari 2,8 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020 lalu.

Falah bersama sekitar 50 Nakama (karyawan Tokopedia) yang dipimpinnya di Tim Fashion aktif menghadirkan inovasi yang dapat mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk terus mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi.

Salah satunya Fitur Rilisan Spesial yang dapat membantu penjual meluncurkan produk baru secara eksklusif dan Fitur Tambah Sekaligus (bulk upload) yang dapat mempermudah penjual untuk menambah produk dalam jumlah banyak secara bersamaan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Fitur Diskon Toko dan Fitur Voucher Toko turut dihadirkan untuk memudahkan penjual dalam memperluas pasar karena bisa meningkatkan minat belanja masyarakat melalui berbagai penawaran seperti diskon dan voucher.

Ke depannya, Tokopedia melalui Falah berharap terus bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, termasuk di industri fesyen, serta memberikan berbagai kemudahan dan nilai tambah untuk masyarakat Indonesia.

Share
×
tekid
back to top