sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
Jumat, 25 Jun 2021 15:01 WIB

Kenali 5 fitur baru Windows 11

tidak hanya user interface (UI), Windows 11 juga sajikan fitur baru yang akan membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Kenali 5 fitur baru Windows 11

Microsoft membawa perubahan besar pada desain user interface (UI) di Windows 11, beberapa diantaranya adalah terdapat perubahan tata letak desktop yang lebih ke tengah, tampilan jendela yang transparan, dan ikon dengan sudut membulat.  Windows 11 ini memang dirancang untuk mendukung produktivitas pengguna dengan user interface (UI) yang lebih sederhana.

Tapi tidak hanya user interface (UI), Windows 11 juga sajikan fitur baru yang akan membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Secara mendalam, berikut ulasan mengenai beberapa fitur baru pada Windows 11.

Widget

Windows 11 menghadirkan kembali widget. Fitur ini dapat diakses melalui tombol baru di task bar yang akan membuka widget. Dalam package bawaan Windows 11, widget yang disediakan akan dapat menghadirkan informasi mengenai daftar pekerjaan, cuaca, kalender, dan feed berita. Ke depan, fitur ini akan terbuka untuk pengembang sehingga dapat menambahkan widget baru.

Pengoperasian multi monitor yang lebih efektif

Microsoft tampaknya memperhatikan dengan baik, permasalahan pengguna multi monitor dalam menyelesaikan pekerjaan. Pengguna yang memasangkan PC mereka dengan monitor kedua mengalami kerumitan  untuk mengelola jendela yang dibuka. Saat pengguna melepaskan monitor kedua dari pemasangan dengan komputer, jendela yang dibuka di monitor itu akan tampil secara acak dan berubah ukurannya di PC. Windows 11 menghadirkan pengoperasian yang lebih efektif. Jadi,  saat pengguna multi monitor mencabut monitor kedua dari PC, jendela yang terbuka di monitor kedua akan tetap terorganisir dengan baik di PC. 

Group Snap untuk multitasking

Pengelolaan multitasking kini lebih mudah di Windows 11. Melalui fitur Group Snap di Windows 11, pengguna dapat mengelola lebih mudah tata letak jendela yang akan dibuka secara bersamaan. Pengguna tinggal mengarahkan kursor ke arah tombol maximize di jendela, kemudian pengguna akan disajikan pilihan untuk mengelola tata letak jendela. Pilihan pengelolaan itu menyajikan bentuk tata letak jendela yang dapat dipilih. Setelah itu, pengguna dapat memilih bentuk tata letak jendela untuk menempatkan jendela-jendela yang akan dibuka secara bersamaan. Fitur Group Snap memungkinkan pengguna untuk membuka hingga empat jendela secara bersamaan.

Microsoft Store 

Windows 11 yang hadir kini dilengkapi dengan Microsoft Store. Fitur store yang disajikan Microsoft dalam sistem operasi terbarunya ini, memungkinkan pengguna untuk dapat mengunduh aplikasi android. Tapi untuk dapat mengunduh aplikasi Android ke Windows, pengguna memerlukan akun dari Amazon Appstore, bukan akun Google Play Store. Ini dikarenakan Microsoft bekerja sama dengan Amazon untuk dapat menghadirkan aplikasi Android di Windows. Sementara itu, pengguna juga akan dapat mengoperasikan aplikasi Android itu di Windows 11 secara langsung.

Integrasi dengan Xbox

Microsoft dalam Windows 11 melakukan integrasi dengan platform gim besutannya, Xbox. Pengguna Windows 11 akan dapat merasakan fitur yang dikembangkan Xbox, yaitu Auto HDR. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapat tampilan grafis yang lebih dinamis, saat memainkan gim yang dibuat dengan DirectX 11 atau yang lebih baru, seperti Skyrim. Selain itu, Windows 11 juga terintegrasi dengan Xbox Game Pass. Ini memungkinkan pengguna Windows 11 untuk dapat memaikan gim secara langsung dari cloud Xbox melalui server Microsoft.

Sementara itu perlu diketahui, bagi pengguna Windows 10 akan mendapatkan pembaruan gratis untuk meningkatkan sistem operasinya ke Windows 11.  Adapun persyaratan minimum yang dibutuhkan sebuah perangkat PC atau laptop untuk dapat meningkatkan sistem operasi ke Windows 11, antara lain adalah memiliki RAM 4 GB, kapasitas memori 64 GB, dan prosesor sebesar 1GHz dengan 2 core yang kompatibel dengan Soc 64-bit.

 

Share
×
tekid
back to top