sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Senin, 02 Jul 2018 11:51 WIB

Kartu memori yang baru kini berkapasitas besar dan kencang

SD Express juga menambahkan antarmuka PCI Express dan NVMe ke antarmuka SD lawas. Sehingga menghadirkan transfer data maksimal dari 624 MB/s dalam UHS-III menjadi 985 MB/s, atau 1,58 kali lebih cepat.

Kartu memori yang baru kini berkapasitas besar dan kencang

SD Associaton baru saja mengumumkan spesifikasi terbaru untuk format kartu memori Secure Digital (SD) yang saat ini banyak digunakan di berbagai perangkat. Penetapan Ultra Capacity (UC) baru akan berarti menampung kapasitas hingga 128 TB dan tulisan “Express” berarti kecepatan transfer hingga 985 MB/s.

SDUC mengikuti jejak kartu SD versi orisinil, SDHC (High Capacity), dan SDXC (eXtended Capacity), meningkatkan kapasitas penyimpanan maksimal dari 2 TB dengan SDXC ke 128 TB, atau peningkatan sebanyak 64 kali lipat. SD Express menambahkan antarmuka PCI Express dan NVMe ke antarmuka SD lawas. Sehingga menghadirkan transfer data maksimal dari 624 MB/s dalam UHS-III menjadi 985 MB/s, atau 1,58 kali lebih cepat.

Selain muncul di kartu SDUC, SD Express juga akan ditawarkan dalam kartu memori SDXC dan SDHC. Kedua inovasi tersebut adalah bagian dari spesifikasi SD 7.0, terus memiliki tradisi dari SD Association yang dapat digunakan pada perangkat lawas (backward compatibility).

“Dengan SD Express, kami menawarkan tingkat kartu memori yang sama sekali baru dengan protokol yang lebih cepat mengubah kartu SSD yang dapat dilepas,” kata SDA President, Hiroyuki Sakamoto.

Kartu SDUC Express mendatang diprediksi akan sangat bermanfaat bagi para fotografer yang menginginkan ruang dan kecepatan tinggi untuk berkarya dengan foto dan video beresolusi ultra tinggi. “SD Express menghadirkan kecepatan yang diperlukan untuk memindahkan data dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh komunikasi nirkabel berbasis data, video gerakan super lambat, mode burst RAW dan pemotretann serta pemutaran video 8K, dan kamera/video 360 derajat,” kata SD Association.

Tidak ada keterangan lebih lanjut kapan kartu memori SDUC Express akan tiba di pasaran. Sebagai catatan, SanDisk mengumumkan kartu memori SDXC 1 TB pada tahun 2016, namun kartu ini belum tersedia di pasar, dan kapasitas maksimum saat ini di pasar adalah 512 GB. Demikian dilansir dari PetaPixel.

Share
×
tekid
back to top