sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Sabtu, 04 Apr 2020 08:58 WIB

Kamera dengan kepekaan tinggi bisa lihat partikel virus

Video ini direkam sebagai kolaborasi antara organisasi penyiaran NHK Jepang dan Asosiasi Jepang untuk Penyakit Menular (Japanese Association for Infectious Diseases).

Kamera dengan kepekaan tinggi bisa lihat partikel virus
Source: Pexels

Para peneliti di Jepang merilis beberapa video menggunakan kamera khusus ‘sensitivitas tinggi’ dan sinar laser. Keduanya diinformasikan dapat menangkap tetesan mikro (mikrodroplet) yang berukuran 1/10.000 mm sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang. Dilansir dari PetaPixel (4/4), sistem ini dapat berkontribusi pada penyebaran virus corona atau Covid-19

Meski para peneliti ilmiah masih belum mengetahui seberapa efektif virus corona dapat ditularkan melalui tetesan yang sangat kecil – sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada pertengahan Maret mengatakan bahwa transmisi aerosol bisa dibilang “masuk akal” – video dan penelitian yang direkam difokuskan untuk menunjukkan berapa banyak tetesan tak kasat mata, dan berapa lama mereka berada di udara.

Seperti yang diperlihatkan dalam rekaman. Bukan hanya batuk dan bersin yang dapat melepaskan mikrodroplet, tetapi juga percakapan biasa. Satu catatan medis yang sangat penting: ini tidak “mengonfirmasi” bahwa Covid-19 dapat ditularkan dengan cara ini. Tidak jelas berapa banyak virus yang membuat kita terinfeksi, dan masing-masing mikrodroplet ini jelas mengandung jauh lebih minim daripada “makro” droplet yang dihasilkan oleh bersin atau batuk.

“Kami masih belum tahu seberapa tinggi konsentrasi SARS-CoV-2 yang diperlukan dalam praktiknya untuk menginfeksi manusia, meskipun ini adalah sesuatu yang ingin kami modelkan di masa mendatang,” kata Dylan Morris, salah satu penulis New England Journal of Medicine.

Namun, berdasarkan pemberitaan terbaru, ada alasan untuk percaya bahwa mikrodroplet tersebut menimbulkan setidaknya beberapa risiko bagi masyarakat umum.

Share
×
tekid
back to top