sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 29 Okt 2019 18:10 WIB

JD.com manfaatkan 5G untuk logistik pintar

JD.com meluncurkan taman logistik yang didukung jaringan 5G. Fasilitas ini diklaim akan meningkatkan operasi dan mendorong strategi Industrial Internet of Things (IIoT).

JD.com manfaatkan 5G untuk logistik pintar
(Foto: Youtube)

JD.com meluncurkan taman logistik yang didukung jaringan 5G. Fasilitas ini diklaim akan meningkatkan operasi dan mendorong strategi Industrial Internet of Things (IIoT). Berlokasi di Beijing, fasilitas logistik ini memiliki sistem pemantauan baru yang bisa mendeteksi masalah yang terjadi secara real-time.

Perusahaan mengatakan 5G menyediakan bandwidth yang meningkatkan efisiensi kemampuan IIoT-nya dalam skala besar. Selain itu, jaringan 5G turut memfasilitasi komunikasi instan antara staf dan mesinnya. Dengan sistem pemantau yang real-time, perusahaan bisa melacak lokasi dan rute forklift - angkutan yang digunakan untuk mengangkat beban berat, serta menerima peringatan jika ada kekeliruan.

Sebagai gambaran, salah satu skenarionya adalah dimana sistem mendeteksi forklift yang diparkir di lokasi yang keliru atau mengambil rute yang tidak sesuai. Pamantau pallet - komponen penyangga barang berat, secara signifikan juga meningkatkan efisiensi dibanding pemantau massal.

"Sistem 5G juga akan sangat meningkatkan efisiensi operasi di dalam fasilitas melalui parkir pintar yang memandu kendaraan masuk ke ruang parkir atau ruang dok yang paling tepat, dan ruang dok digital bisa memfasilitasi pemantauan real-time," kata JD Logistic.

Ini merupakan bagian dari rencana perusahaan  untuk memanfaatkan teknologi 5G dengan IIoT untuk mendorong pengaplikasian lebih lanjut di operasi logistik JD.com dan meningkatkan efisiensi si seluruh rantai pasokan. Perusahaan menyebut teknologi ini akan digunakan di seluruh taman logistiknya guna memungkinkan komunikasi robot ke robot yang bisa diandalkan dan mengurangi intervensi manusia.

"Latensi rendah, kecepatan tinggi dan kemampuan untuk mendukung spektrum lebar dari koneksi simultan yang disediakan oleh jaringan 5G, menciptakan tingkat waktu real-time yang belum pernah terjadi sebelumnya. Konektivitas secara signifikan meningkatkan efisiensi operasi pemenuhan JD, yang merupakan kunci untuk menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan dalam bisnis," kata Zhe Wenming Chief Architect dan Head of Logistics Park JD Logistic.

Share
×
tekid
back to top