sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 29 Mei 2023 20:05 WIB

Intel Meteor Lake akan punya VPU terintegrasi

Intel telah memamerkan kinerja VPU di jajaran prosesor Intel Meteor Lake, buat prosesor makin pintar.

Intel Meteor Lake akan punya VPU terintegrasi

Intel telah mulai mengungkap rincian arsitektur CPU 'Meteor Lake' yang akan datang, yang akan dirilis sebagai bagian dari keluarga Intel Core Generasi ke-14 pada akhir tahun ini. Pada acara Computex di Taipei, Intel memperlihatkan purwarupa laptop yang menjalankan CPU sampel rekayasa Meteor Lake yang belum diungkap secara spesifik, menampilkan kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan (AI) di dalamnya.

Selain inti CPU dan GPU, Meteor Lake juga memperkenalkan 'VPU' (unit pemrosesan visi) baru untuk akselerasi AI. VPU ini didasarkan pada teknologi visi komputer Intel Movidius yang telah diakuisisi oleh Intel pada tahun 2016 dan sebelumnya ditawarkan sebagai perangkat USB terpisah.

Meteor Lake merupakan rilis penting bagi Intel karena melanjutkan strategi inti heterogen, namun juga memanfaatkan tata letak berbasis chiplet dan memanfaatkan proses manufaktur Foveros perusahaan untuk menumpuk beberapa lapisan. Meteor Lake juga akan menggunakan chiplet yang diproduksi oleh Intel sendiri dalam proses manufaktur Intel 4 yang baru, serta chiplet yang diproduksi oleh TSMC untuk pertama kalinya.

Seperti yang dikonfirmasi oleh mantan kepala grafis Intel, Raja Koduri, beberapa waktu yang lalu, CPU Meteor Lake juga akan dilengkapi dengan GPU Intel Arc terintegrasi berdasarkan arsitektur Intel Xe 'Alchemist' generasi pertama.

Saat ini, perwakilan Intel menekankan pentingnya pemrosesan AI di perangkat itu sendiri, daripada melalui penggunaan layanan cloud. Terdapat 'ratusan' aplikasi dan pengalaman yang siap memanfaatkan AI, termasuk alat produktivitas dan kreativitas yang umum digunakan seperti dari Adobe, Microsoft, dan Google. Intel menyatakan bahwa pengguna dapat mengharapkan perbaikan yang signifikan, seperti latar belakang panggilan video yang lebih baik, isolasi dan perbaikan otomatis suara, pemahaman dan sintesis bahasa yang lebih baik untuk interaksi, tangkapan gerakan waktu nyata, serta antarmuka pengguna yang sepenuhnya disesuaikan dengan aktivitas pengguna, semua dalam waktu dekat.

Intel telah menunjukkan laptop prototipe yang menjalankan model AI generatif Stable Diffusion, yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar asli berdasarkan petunjuk teks seperti topik, tema, dan gaya artistik. Intel telah mengembangkan plug-in sederhana untuk Stable Diffusion dalam editor gambar GIMP yang bersifat open-source. Dalam demonstrasi, berbagai beban kerja diuji pada komponen CPU, GPU, dan VPU selama sekitar 20 detik. Gambar dibuat sepenuhnya di perangkat itu sendiri tanpa memerlukan koneksi internet.

Keunggulan utama keluarga Intel Core Generasi ke-14 yang akan datang adalah kemampuan pemrosesan AI offline yang dapat meningkatkan efisiensi daya, menjaga privasi, dan mengurangi latensi. Dengan kompleksitas model AI seperti Chat GPT yang semakin meningkat dengan setiap iterasi, perangkat keras khusus menjadi semakin penting.

Intel belum mengungkapkan spesifikasi CPU untuk model Core Generasi ke-14 secara detail, sehingga masih belum jelas apakah Meteor Lake akan melayani semua segmen pasar. Tanggal peluncuran, kecepatan, dan keseimbangan perangkat keras CPU, GPU, dan VPU pada CPU yang sebenarnya juga masih belum diketahui.

Share
×
tekid
back to top