sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 09 Feb 2022 18:38 WIB

HP : Teknologi tak bisa lepas dari pendidikan anak

Dalam sebuah pemaparan terbaru, HP mengungkapkan bahwa teknologi saat ini sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

HP : Teknologi tak bisa lepas dari pendidikan anak

HP Indonesia baru saja menggelar sebuah acara daring yang membahas soal teknologi dan daya kembang anak. Seperti diketahui, selama dua tahun belakangan ini, anak-anak berkegiatan di depan gawai selama masa pandemi ini.

Pada kesempatan kali ini, mereka membahas data yang telah mereka dapatkan dalam sebuah laporan bertajuk HP New Asian Learning Experience. Seperti sebelumnya, mereka melakukan survei terhadap para orang tua selama masa pandemi ini.

Hasil studi ini menyoroti perubahan lanskap dan kebutuhan pendidikan, termasuk bagaimana orang tua mendefinisikan pembelajaran dan pandangan mereka tentang penggunaan teknologi dalam pendidikan.

Studi HP New Asian Learning Experience 2021 ini dilakukan di lima kota besar di Indonesia dan menyasar orang tua milenial. Hasil studi menunjukkan bahwa orang tua menekankan pentingnya soft-skill seperti cara berpikir kreatif (94%), pemecahan masalah (92%), dan kemampuan beradaptasi (92%).

Temuan ini mewakili pergeseran pola pikir dari indikator pembelajaran yang lebih tradisional seperti nilai dan akademis. Selain itu, sebagian besar orang tua (90%) berpendapat mereka bertanggung jawab untuk memastikan anak cerdas dan berwawasan luas untuk masa depan.

“Melalui studi ini, kami mengetahui bahwa orang tua milenial di Indonesia menginginkan anaknya menerima pendidikan yang komprehensif untuk menjamin masa depan mereka. Orang tua memahami bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada bidang akademis, tetapi juga meliputi alat dan keterampilan yang membentuk pola pikir serta pendekatan mereka untuk mendapat pengetahuan,” kata Managing Director HP Indonesia, Fiona Lee dalam acara yang diadakan Rabu (9/2) siang.

“Orang tua meyakini, semua hal ini dapat menyiapkan anak mereka untuk tempat kerja masa depan,” tambah Fiona.

Hal ini wajar, mengingat saat ini anak-anak mengandalkan teknologi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mulai dari belajar, mencari hiburan, hingga hal-hal lain dilakukan di depan gawai seharian.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa orang tua melihat penggunaan teknologi dapat memperluas pembelajaran, dan perangkat digital dianggap paling cocok untuk menumbuhkan kemampuan berpikir logis dan kreatif. 

Sebanyak 87% orang tua merasa nyaman dengan menggunakan lebih banyak teknologi untuk belajar. Mereka juga merasa sekolah dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih baik untuk mengembangkan keterampilan masa depan anak-anak mereka.

Di sisi lain, orang tua percaya bahwa materi cetak merupakan media yang penting untuk pembelajaran taktil dan membantu meningkatkan kreativitas. Materi cetak dinilai bermanfaat untuk mengasah ingatan dan melatih konsentrasi. 

Sekitar 82% orang tua lebih menyukai pembelajaran taktil atau hands-on, 75% percaya materi cetak juga dapat merangsang atau meningkatkan kreativitas, dan 71% percaya anak mengingat informasi lebih baik ketika belajar dari materi cetak.

Mereka juga memiliki preferensi lebih kuat untuk memanfaatkan materi cetak dan perangkat digital untuk kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan interpersonal, dan pemikiran kreatif, sebagai bagian penting dari pendidikan komprehensif.

HP juga berkomitmen untuk membantu anak-anak belajar dalam masa pandemi ini. Komitmen mereka telah dilaksanakan sejak tahun 2015, dimana mereka telah mendorong hasil pembelajaran yang lebih baik bagi lebih dari 2,3 juta pendidik dan siswa, dengan memberikan solusi pembelajaran yang fleksibel dan terhubung serta membantu orang tua dan pendidik menerapkan teknologi untuk mentransformasi pendidikan.

Inisiatif utama yang dilakukan di Indonesia meliputi HP Printables, platform online yang menawarkan berbagai kegiatan untuk orang tua dan anak-anak, serta Semangat Guru Virtual Learning Series, sebuah kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam menyediakan platform untuk membantu para guru mengembangkan soft skill dan mengadopsi teknologi. 

Mereka juga menyediakan berbagai perangkat untuk anak-anak, mulai dari HP Chromebook 11 G8 Education edition, yang merupakan notebook durable dengan sistem operasi Chrome yang aman dan mudah dikelola untuk anak.

Ada juga HP Pavilion Aero yang merupakan laptop ringan berperforma tinggi yang dirancang untuk mengikuti gaya hidup pelajar dengan mobilitas tinggi. Terakhir, ada juga HP Ink Advantage, printer HP untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak-anak yang memungkinkan orang tua dan anak-anak mencetak dari mana saja dan kapan saja melalui HP Smart App.

Tag
Share
×
tekid
back to top