sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Jumat, 22 Mei 2020 15:36 WIB

Hari ini Solitaire berusia 30 tahun

Solitaire mungkin gim lawas, tapi jumlah pemain bulanannya mencapai 35 juta pemain dan masuk dalam World Video Game Hall of Fame tahun lalu.

Hari ini Solitaire berusia 30 tahun
Source: World Video Game Hall of Fame

Bagi para pengguna sistem operasi Windows di PC atau laptop, pasti tidak asing dengan gim Solitaire. Ya, gim ini hampir terdapat di semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows. Dan tahukah kalian, kalau hari ini gim Solitaire sudah berumur 32 tahun. 

Untuk diketahui, Solitaire sebenarnya hadir sebagai bagian dari Windows 3.0. Gim ini hadir pada tahun 1990. Tujuan awalnya sebenarnya adalah untuk mengajarkan pengguna Windows menggunakan mouse. Prinsipnya, mengambil kartu dan meletakkannya di susunan yang tepat merupakan fungsi dasar drag-drop yang masih sering digunakan sampai sekarang. 

Solitaire awalnya hadir dengan nama Windows Solitaire. Gim ini terintegrasi hampir di semua versi Windows. Integrasi itu baru berhenti ketika Microsoft meluncurkan Windows 8 di tahun 2012. Dengan kata lain, ada milyaran gim Solitaire yang sudah dikirimkan ke pengguna Windows. Selepas berhentinya integrasi itu, Solitaire hadir sebagai aplikasi mandiri dan tersedia di beberapa platform, seperti PC dan mobile

Wes Cherry adalah orang pertama yang memulai inisiasi gim ini. Ia bekerja sama dengan Susan Kare pionir Mac GUI yang mendesain dek kartunya. Lucunya, Cherry awalnya memprogram “mode bos” untuk mengelabui atasan jika karyawan sedang bermain gim menggunakan komputer. Namun jelang peluncurannya, Microsoft meminta Cherry untuk menghilangkan mode bos itu.

Dilansir dari TheVerge (22/5), Microsoft melaporkan bahwa 35 juta orang masih memainkan gim Microsoft Solitaire setiap bulannya, dengan lebih dari 100 juta tangan yang sudah memainkannya di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, tahun lalu Solitaire juga masuk dalam World Video Game Hall of Fame. 

Nah, siapa di antara kalian yang kangen dengan gim satu ini? Saat ini Solitaire tersedia di Windows, iOS, Android dan bahkan versi web
 

Share
back to top