sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Selasa, 26 Mar 2024 12:04 WIB

GPT-5 mengudara sebentar lagi, ini kecanggihannya

GPT-5 dari OpenAI yang sangat dinanti-nantikan akan segera diluncurkan dan mungkin akan tiba dalam beberapa bulan ke depan.

GPT-5 mengudara sebentar lagi, ini kecanggihannya

Bersiaplah untuk gelombang model bahasa besar (LLM) berikutnya. GPT-5 dari OpenAI yang sangat dinanti-nantikan akan segera diluncurkan dan mungkin akan tiba dalam beberapa bulan ke depan. Akses awal mengisyaratkan lompatan maju yang signifikan.

Pelanggan perusahaan yang menerima demo GPT-5 melaporkan pengalaman positif. Seorang CEO menggambarkannya sebagai “lebih baik secara material” dibandingkan model sebelumnya. Presentasi OpenAI bahkan mengisyaratkan kemampuan seperti agen AI independen.

Pengembangan terus berlanjut bersamaan dengan demo. Pengujian keamanan yang ketat, termasuk simulasi serangan (“tim merah”), sangat penting sebelum dirilis. Dilansir dari Gizmochina (26/3), proses ini mungkin menunda prediksi awal peluncuran musim panas.

OpenAI masih bungkam tentang tanggal rilis pastinya. Berita ini menyusul tahun penuh spekulasi GPT-5. Pada bulan April 2023, OpenAI meremehkan rencana pelatihan jangka pendek, dan CEO Sam Altman menepis rumor tersebut. Desas-desus tentang model GPT-4.5 terus berlanjut.

Laporan terbaru menunjukkan penyelesaian pelatihan pada tahun 2023 dan peluncuran GPT-5 pada tahun 2024. Seperti pendahulunya, GPT-5 diharapkan fokus pada klien perusahaan OpenAI. Sistem berjenjang yang mirip dengan LLM Google Gemini merupakan arah masa depan yang potensial.

Setahun terakhir terdapat laporan pengguna tentang penurunan GPT-4, dengan masalah seperti tanggapan yang tidak masuk akal. Penjelasannya berkisar dari efisiensi pelatihan hingga keterbatasan sumber daya. Beberapa orang berspekulasi tentang pengembangan LLM yang belum dirilis yang membebani sistem OpenAI.

Kebocoran pada bulan Desember 2023 yang mengacu pada model “GPT-4.5” dengan fitur-fitur canggih semakin memicu spekulasi. CEO OpenAI tetap bungkam saat ditanya secara online. Dengan adanya GPT-5, lanskap LLM siap untuk berubah. Beberapa bulan mendatang akan mengungkap potensi sebenarnya dari model generasi berikutnya ini.

Share
×
tekid
back to top