sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Minggu, 07 Apr 2024 12:53 WIB

Sedang dalam pengujian, GPT-5 diprediksi hadir bulan Juni

Rumor beredar seputar GPT-5 dari OpenAI dengan netizen beramai-ramai setelah menerima undangan pengujian tim merah.

Sedang dalam pengujian, GPT-5 diprediksi hadir bulan Juni

Rumor beredar seputar GPT-5 dari OpenAI dengan netizen beramai-ramai setelah menerima undangan pengujian tim merah. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi bahwa peluncuran model bahasa generasi berikutnya ini mungkin lebih dekat dari yang diharapkan.

Media sosial dibanjiri dengan tangkapan layar individu yang menerima email pengujian tim merah dari OpenAI. Hal ini memicu spekulasi, bahkan ada yang mendesak CEO OpenAI Sam Altman untuk mempercepat rilisnya. Waktunya menambah ketegasan rumor, karena rumor sebelumnya menginformasikan peluncuran GPT-5 pada Juni 2024.

Namun, diperlukan juga kecermatan. Dilansir dari Gizmochina (6/4), beberapa orang berpendapat bahwa undangan tim merah ini mungkin tidak khusus untuk GPT-5, dan bisa menjadi bagian dari inisiatif pengujian yang lebih luas. Selain itu, potensi risiko dari peluncuran model bahasa yang begitu kuat tidak dapat diabaikan. Basis pengguna ChatGPT yang sangat besar menyoroti perlunya pengujian keamanan menyeluruh sebelum meluncurkan GPT-5 ke seluruh dunia.

OpenAI memahami pentingnya keamanan, terutama mengingat potensi dampak GPT-5. Jangan lupa bahwa To B business – bisnis yang membayar versi ChatGPT yang disesuaikan – adalah sumber pendapatan utama bagi OpenAI. Pelanggaran keamanan pada GPT-5 dapat menimbulkan dampak serius, merusak kepercayaan publik dan keuntungan OpenAI.

Pengujian tim merah berfungsi sebagai garis pertahanan yang penting. Tim merah ini, terdiri dari pakar keamanan, bertugas mengidentifikasi kerentanan dalam sistem. Misi mereka adalah mengeksploitasi kerentanan ini dalam lingkungan yang terkendali, meniru taktik yang mungkin digunakan oleh penyerang sebenarnya.

Contoh serangan potensial mencakup “serangan cepat” yang menggunakan instruksi jahat untuk memanipulasi perilaku GPT-5. Awal tahun ini, seorang mahasiswa dilaporkan menggunakan taktik tersebut untuk mengekstrak informasi rahasia dari sebuah perusahaan besar.

Prospek kedatangan GPT-5 telah memicu imajinasi pengguna di seluruh dunia. Komunitas online penuh dengan daftar keinginan untuk model baru ini. Banyak yang mengharapkan lompatan signifikan dalam kemampuan, dari jendela konteks yang sangat luas hingga kecepatan inferensi sangat cepat dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti perencanaan strategis jangka panjang.

Meskipun jangka waktu pasti untuk peluncuran GPT-5 masih belum pasti, laporan pengujian tim merah merupakan pertanda positif. Jika rumor tersebut benar, kita mungkin berada di titik puncak era baru AI, dengan GPT-5 yang menghadirkan masa depan pemrosesan bahasa generasi berikutnya.

Share
×
tekid
back to top