sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Kamis, 29 Jul 2021 14:58 WIB

Google kembangkan aplikasi mirip Move to iOS

Google dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi yang dapat memindahkan data dari iPhone ke Android. Aplikasi ini berjalan mirip dengan Move to iOS milik Apple.

Google kembangkan aplikasi mirip Move to iOS
Credit: Unsplash

Baru-baru ini, XDA Developer melaporkan jika Google sedang mengembangkan aplikasi yang disebut Switch to Android. Aplikasi tersebut akan membantu pengguna iPhone untuk memindahkan data mereka ke ponsel Android. Aplikasi ini diharapkan akan bekerja mirip dengan aplikasi besutan Apple, Move to iOS, yang digunakan untuk peralihan dari Android ke iPhone.

Switch to Android kemungkinan akan mampu membuat pengguna iPhone mentransfer aplikasi, pesan SMS, kontak, pesan iMessage, dan sebagainya ke Android. Google memang sebelumnya tidak memiliki aplikasi serupa seperti Apple yang dapat membantu pengguna untuk memindahkan data secara langsung dari iPhone ke Android. Sejauh ini, mungkin pengguna iPhone yang beralih ke Android hanya memanfaatkan Google Drive untuk melakukan pemulihan data, tapi tidak semua data iPhone dapat terunggah di Google Drive.

Kabar terbaru ini tentu akan sedikit membawa kebahagiaan bagi pengguna iPhone yang ingin pindah ke Android. XDA Developer menemukan apa yang tengah dikerjakan Google ini berasal dari SetupWizard yang ada di Android 12 beta 3. SetupWizard sendiri merupakan sistem yang meluncurkan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna memulihkan data dari ponsel lama mereka di ponsel baru. Aplikasi itu disebut dengan Data Restore Tool, yang baru-baru ini diterbitkan ke Google Play Store. Data Restore Tool mengalami pembaruan ke versi 1.0.382048734, yang didalamnya berisi baris kode yang mengisyaratkan Google ingin membantu pengguna iPhone beralih ke Android.

Baris kode tersebut menyarankan pengguna harus mengunduh aplikasi Switch to Android dari App Store. Setelah itu, pengguna harus menghubungkan iPhone dengan Android menggunakan koneksi yang stabil, seperti WiFi. Ini sama seperti cara yang ada pada aplikasi Move to iOS dalam membantu pengguna Android memindahkan datanya ke iPhone.

Selain baris kode, XDA Developer juga menunjukkan tangkapan layar dari seorang Android Developer, Alessandro Paluzi, berisi gambar terkait apa saja yang mungkin bisa dipindah melalui Switch to Android. Jadi, aplikasi akan memungkinkan pengguna iPhone untuk mentransfer aplikasi, pesan SMS, dan kontak ke perangkat Android. Namun, pengguna tidak akan dapat memindahkan aplikasi tertentu, kontak iCloud, kontak perangkat, dan pesan iMessage jika iPhone dienkripsi.

Share
×
tekid
back to top