sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Kamis, 22 Jul 2021 12:16 WIB

Google diam-diam upgrade sistem cadangan Android

Backup by Google One akan memungkinkan pengguna mencadangkan beberapa item yang tidak bisa dilakukan di sistem lama.

Google diam-diam upgrade sistem cadangan Android
Credit: Unsplash

Google tampaknya secara diam-diam telah meningkatkan sistem pencadangan untuk smartphone. Sistem pencadangan yang diberi nama Backup by Google One ini telah diperbarui dan pertama kali diungkapkan oleh 9to5Google. Tapi, pembaruan ini belum secara menyeluruh hadir di semua smartphone Android.

Dilansir Android Central (22/7), Google mengatakan jika informasi mengenai pembaruan sistem pencadangan ini akan diluncurkan untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang. Untuk dapat menerima pembaruan ini, pengguna tidak perlu melakukan apa pun, seperti melakukan pengaturan pada smartphone agar sistem cadangan bisa berganti menjadi Backup by Google One.

Setelah perubahan sistem pencadangan itu terjadi, pengguna nantinya juga dapat memilih item di smartphone yang hendak dicadangkan, termasuk MMS serta SMS. Backup by Google One bisa mencadangkan beberapa item secara efisien.

Sebelumnya, item seperti MMS, foto, video, dan wallpaper akan dicadangkan melalui aplikasi yang berbeda, bergantung pada smartphone yang digunakan. Banyak smartphone Android yang sudah dapat melakukan pencadangan item tersebut melalui aplikasi bawaannya. Tapi dengan kehadiran Backup by Google One akan menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Sekarang setelah sistem pencadangan Google di smartphone diperbarui, pengguna dapat lebih mudah mengontrol semua item yang ingin dicadangkan dari satu antarmuka sederhana. Jadi, pengguna tidak perlu untuk melakukan pencadangan secara terpisah. Daftar lengkap item yang kini akan ditangani oleh Backup by Google One mencakup data aplikasi, riwayat panggilan, preferensi perangkat, pesan (SMS dan MMS), kata sandi Wi-Fi, dan wallpaper. Selain itu, Backup by Google One juga dapat mencadangkan pengaturan sistem seperti kecerahan layar, foto, video, dan banyak lagi.

Untuk mengaktifkan Backup by Google One, pengguna tidak memerlukan langganan pada Google One. Sebaliknya, Backup by Google One akan menggantikan sistem pencadangan yang terpasang di semua smartphone Android. Sistem ini dirancang untuk dapat mencadangkan data penting pengguna di smartphone ke akun Google secara mudah. Kemudian, pengguna yang berlangganan Google One akan tetap memiliki sistem pencadangan ini. Google akan memberikan kuota cadangan cloud gratis pada pengguna sebesar 15GB.

Tag
Share
×
tekid
back to top