sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Senin, 16 Okt 2023 08:03 WIB

Google blokir aplikasi benchmark di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Google dilaporkan telah memblokir pengguna untuk menginstal aplikasi benchmark pada smartphone Pixel 8 dan 8 Pro.

Google blokir aplikasi benchmark di Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Google dilaporkan telah memblokir pengguna untuk menginstal aplikasi benchmark pada smartphone Pixel 8 dan 8 Pro. Hal ini diungkapkan oleh Sanjiv dari Notebookcheck, yang menemukan bahwa Google telah mencegah pengguna menginstal aplikasi benchmark Geekbench dan 3D Mark di perangkat mereka.

Aplikasi benchmark digunakan untuk menilai kinerja CPU dan GPU smartphone. Ini adalah alat yang cukup berguna bagi reviewer dan konsumen, karena memungkinkan mereka membandingkan kinerja berbagai perangkat.

Dilansir dari Gizmochina (16/10), pemblokiran Google pada aplikasi benchmark telah mencegah beberapa reviewer menjalankan pengujian, tetapi yang lain mampu melewati batasan ini dengan menginstal aplikasi tersebut di luar Google Play Store (sideloading). Dengan ini, hasil benchmark untuk Tensor G3 tetap muncul.

Dalam benchmark Geekbench 6, Tensor G3 mendapat skor lebih rendah daripada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dalam pengujian single-core dan multi-core. Tensor G3 juga memiliki performa lebih buruk dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 dalam benchmark 3DMark Wild Life Stress. Ini terjadi meskipun Tensor G3 memiliki arsitektur yang lebih baru dan lebih canggih dibandingkan beberapa pesaingnya.

Perbedaan performa tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh Tensor G3 diproduksi menggunakan teknologi node 4 nm Samsung, yang tidak seefisien teknologi node N4P TSMC, yang digunakan untuk memproduksi chip Snapdragon 8 Gen 2.

Meski demikian, pengguna harus menyadari bahwa Pixel 8 dan 8 Pro bukanlah perangkat yang berfokus pada kinerja. Jadi, jika performa merupakan hal yang penting, maka pengguna mungkin harus mempertimbangkan perangkat lain.

Share
×
tekid
back to top