sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 24 Apr 2021 10:29 WIB

Gagal dapat 2,3 GHz, XL Axiata tetap bangun jaringan luar Jawa

XL Axiata menyatakan akan tetap berkomitmen menyelenggarakan dan memperluas layanannya di berbagai daerah termasuk di luar Pulau Jawa.

Gagal dapat 2,3 GHz, XL Axiata tetap bangun jaringan luar Jawa

XL Axiata menjadi salah satu operator seluler yang mendaftar lelang frekuensi 2,3 GHz. Sayangnya nama operator yang lekat dengan warna biru itu absen dalam daftar pemenang lelang yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Hanya dua operator yakni Telkomsel dan Smartfren yang dinyatakan lolos Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021.

Menanggapi hal tersebut, XL Axiata menyatakan akan tetap berkomitmen menyelenggarakan dan memperluas layanannya di berbagai daerah termasuk di luar Pulau Jawa. XL Axiata juga menyebut akan memanfaatkan spektrum eksisting milik perusahaan.

"XL Axiata sudah memiliki rencana bagaimana memanfaatkan spektrum yang dimiliki, secara perlahan dengan mempertimbangkan bisnis yang ada," kata Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam konferensi pers RUPS XL Axiata.

Di antara rencana yang akan dilakukan perusahaan yaitu refarming frekuensi yang digunakan untuk 2G/3G, agar dapat dioptimalkan untuk memperluas layanan 4G. 

Dalam kesempatan yang sama, Chief Finance Officer XL Axiata Budi Pramantika mengatakan XL Axiata mengalokasikan sebesar Rp7 triliun dari capital expenditure (Capex) tahun 2021 untuk mengembangkan jaringan perusahaan. 

"Kita akan terus fokus capex kita untuk meningkatkan layanan 4G, terutama terkait program fiberirasasi jaringan," kata Budi.

Dari jumlah tersebut, 60% di antaranya akan difokuskan untuk membangun jaringan di luar Pulau Jawa. Ini merupakan peningkatan dibanding tahun lalu dengan persentase 50%.

Salah satu wilayah yang menjadi fokus XL Axiata di luar Jawa yaitu Lombok, NTB. Sebagaimana diketahui, wilayah tersebut menjadi tuan rumah ajang MotoGP, meski gelarannya tertunda karena pandemi. Gede menyebutkan persiapan XL Axiata dalam menggelar jaringan di wilayah tersebut sudah mencapai 100%. 

"Lombok adalah salah satu daerah yang memang kita sudah sangat kuat. Semua, 100% network kita sudah 4G dan juga fiberisasi sudah berjalan. Jadi sudah hampir mencapai 100%," ujar Gede.
 

Share
×
tekid
back to top