sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 13 Jul 2021 12:58 WIB

Google siapkan fitur baru Android 12, bisa coba gim sambil download

Fitur terbaru Android 12 akan memungkinkan pengguna tetap dapat memainkan gim saat sedang mengunduhnya.

Google siapkan fitur baru Android 12, bisa coba gim sambil download
Source: Unsplash

Menjelang peluncuran Android 12, Google juga mengumumkan fitur menarik yang akan hadir bersama dengan sistem operasi terbarunya itu. Perusahaan baru-baru ini memberikan bocoran beberapa fitur terbaru pada pengoperasian gim yang terdengar cukup keren di Android 12. Fitur terbaru ini akan memungkinkan pengguna tetap dapat memainkan gim saat sedang mengunduhnya.

Bocoran terkait fitur itu hadir melalui Google for Games Developer Summit 2021, sebuah konferensi yang diselenggarakan perusahaan untuk para pengembang yang tertarik untuk mempublikasikan karyanya di platform Google. Salah satu pembicara mencatat jika fitur baru akan memungkinkan pengguna tetap dapat masuk ke gameplay sementara unduhan untuk data gim sedang berjalan di latar belakang.

Meski sudah diumumkan, tapi fitur baru yang disebut play as you download belum siap diterapkan untuk publik. Pada acara tersebut, Google menunjukkan animasi yang menjelaskan cara kerja dari play as you download, dengan gim Touchgrind BMX yang berukuran 127MB. Jadi dalam animasi tersebut, Touchgrind BMX dapat dimainkan secara langsung oleh pengguna setelah 20 persen data terunduh. Saat gim dimainkan, unduhan data juga tetap berjalan.

Dilansir Gizmodo (13/7), fitur yang memungkinkan pengguna dapat memainkan gim saat sedang mengunduh, bukan konsep yang baru. Namun sampai saat ini, fitur itu belum diterapkan ke aplikasi yang berbasis Android karena ukuran gim ponsel yang relatif kecil dibandingkan dengan gim konsol. Untuk dapat memainkan gim secara langsung, Google akan menambahkan tombol baru di halaman Play Store yang akan muncul saat gim siap dimainkan.

Selain akan menambahkan fitur play as you download, Google juga mengumumkan akan menambahkan fitur dasbor gim ke Android 12. Fitur dasbor gim ini sebenarnya sudah lama disertakan oleh produsen seperti OnePlus, Samsung, dan Asus di platform Android-nya masing-masing. Google akan mulai menawarkan fitur dasbor gim yang disebut Game Mode API.

Fitur ini akan menyajikan beberapa akses perintah pengaturan yang dapat memungkinkan pengguna bermain gim secara optimal, seperti rekaman layar, frame-rate pada monitor, penyesuaian kecerahan, penghemat baterai, dan sebagainya. Fitur ini kemungkinan akan tiba pertama kali di smartphone besutan Google, yakni Pixel. Smartphone ini akan mendapat pembaruan software yang sekaligus berisi penambahan fitur Game Mode API.

Share
×
tekid
back to top