sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Selasa, 01 Sep 2020 19:30 WIB

Cara mudah mentransfer kontak dari smartphone Android ke iPhone

Ada beberapa cara untuk memindahkan kontak dari smartphone Android ke iPhone. Dari mengandalkan aplikasi pihak ketiga, sampai cara manual.

Cara mudah mentransfer kontak dari smartphone Android ke iPhone

Smartphone Android dan iPhone adalah contoh dua perangkat yang berbeda. Umumnya, ketika harus berganti ponsel dari smartphone Android ke iPhone, kita harus dihadapkan pada proses pemindahan data yang tidak praktis.  Memindahkan kontak saat berganti smartphone menjadi 'PR' pertama. Namun, hal tersebut bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Perlu digarisbawahi, bahwa memindahkan kontak tidaklah menjadi hal yang sulit. Ada beberapa cara untuk berbagi informasi dari Android ke iPhone. Lalu, bagaimana caranya memindahkan kontak dengan sistem operasi yang berbeda? Begini caranya.

Menggunakan aplikasi move to iOS

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi Apple yang bisa ditemukan di Google Play Store bersamaan dengan Beast dan Apple Music. Aplikasi ini dirancang untuk membantu para pengguna Android yang ingin beralih ke iOS. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak hanya dapat memindahkan kontak, namun juga berbagai data seperti pesan, foto, video, bookmark, email, serta kalender dapat dipindahkan ke perangkat iOS.

Caranya sangat sederhana yakni dengan membuat jaringan Wi-Fi menggunakan perangkat iPhone lalu hubungkan dengan perangkat Android. Lalu, tinggal masukkan kode keamanan setelah itu proses akan berjalan dengan sendirinya.

Menggunakan kartu SIM

Tenang saja, kami masih memiliki cara lain untuk mentransfer kontak dari Android ke iPhone. Cara yang kedua ini juga tidak sulit, dengan menggunakan kartu SIM pada smartphone yang sudah dimiliki. SIM juga merupakan sesuatu yang berguna jika pengguna mengalami masalah dengan akun Google.

Lalu bagaimana sih caranya?

Pertama-tama kunjungi aplikasi kontak yang berada di ponsel Anda. Proses ini menjadi berbeda jika dilihat dari jenis dan merek smartphone yang Anda pakai.

Pada sistem operasi Android sebut saja Samsung misalnya, caranya dengan memencet kelola kontak > Impor atau ekspor kontak > Ekspor > Kartu SIM.

Langkah selanjutnya pengguna harus memasukkan kartu SIM dari perangkat Android ke iPhone dan nyalakan. Lalu pengguna masuk ke Pengaturan > Kontak > Impor kontak SIM dan mulai transfer. Kemudian kontak tersebut harus disimpan pada perangkat kontak iPhone.

Menggunakan file VCF

Langkah ini menggunakan cara manual dari perangkat Android ke iOS. Cara yang harus ditempuh yaitu pertama-tama masuk pada aplikasi Kontak di perangkat Android, lalu ketuk tiga titik yang ada dibagian kanan atas dan pilih eksport/import.

Langkah ini akan membuat file VCF dan menyimpannya diperangkat Anda. Kemudian Anda hanya perlu mengunduh file tersebut di perangkat iPhone (dapat menggunakan email). Kemudian buka file di perangkat iOS yang akan meminta pengguna untuk menambahkan kontak. Lanjutkan Langkah-langkahnya sampai kontak sudah berhasil ditransfer.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Tidak berhenti sampai disitu, ada pula beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna smartphone  untuk memindahkan kontak atau data dari sistem operasi Android ke iPhone yakni dengan menyalin data pada perangkat Android maupun iOS.

Seperti yang sudah dijabarkan bahwa terdapat banyak solusi dan beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memindahkan kontak dari sistem Android ke iPhone. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Pastinya, tergantung kebutuhan masing-masing ya.

Dengan beberapa cara di atas, kalian bisa memindahkan kontak dari smartphone Android ke iPhone. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Silahkan dipilih cara mana yang memenuhi kebutuhan.

Share
×
tekid
back to top