sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 23 Sep 2022 12:50 WIB

Creator Music permudah konten kreator beli musik berlisensi untuk konten YouTube

YouTube tengah mengerjakan program baru yang memungkinkan para kreator untuk memonetisasi video yang memakai musik berlisensi.

Creator Music permudah konten kreator beli musik berlisensi untuk konten YouTube

YouTube mengumumkan penawaran baru bagi pembuat konten yang memanfaatkan musik untuk mendukung video mereka. Perusahaan ini dilaporkan bakal memberikan fasilitas kepada kreator konten untuk memonetisasi video mereka yang dibuat dengan memakai musik berlisensi. 

Hal ini diungkapkan platform streaming media itu dalam acara ‘Made On YouTube’ yang digelar pada 20 September kemarin. Pada gelaran itu, YouTube mengungkap, program Creator Music akan segera membuka katalog musik populer agar dapat digunakan oleh para kreator konten ke dalam video mereka. 

Perusahaan menyebut, program Creator Music sekarang memasuki pengujian beta untuk sejumlah pengguna. Melalui program ini, YouTube juga menyederhanakan proses yang terkadang rumit untuk menemukan lagu latar untuk konten video pembuat konten.

“Kreator telah memberi tahu kami, berkali-kali, bahwa menemukan lagu yang tepat bukanlah bagian yang sulit. Ini sebenarnya mencari cara untuk melisensikannya, ”kata Amjad Hanif, VP Produk Kreator di YouTube, dilansir dari TechCrunch (22/9).

Alih-alih memberikan pendapatan kepada pemegang hak, trek di Creator Music dapat dibeli secara langsung atau akan melibatkan kesepakatan bagi hasil. Dengan kata lain, kreator dapat membeli lisensi di mana syarat dan tarifnya dijabarkan ataupun membagi sebagian dari pendapatan mereka dengan artis dan penulis lagu dari musik yang digunakan. 

“Musik dapat memperkuat hubungan emosional antara artis, pembuat konten, dan semua penggemar mereka — dan kami ingin memperkuat ini dengan menawarkan lebih banyak pilihan kepada pembuat konten untuk diajak bekerja sama, sementara pada saat yang sama membantu seniman bertemu dengan penggemar di tempat mereka berada: di sini di YouTube,” tambah Hanif.

Program Creator Music ini akan diluncurkan di kawasan Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini. YouTube mengatakan, progam Creator Music akan diperluas ke lebih banyak pasar pada tahun 2023 mendatang. 

Perlu diketahui, Creator Music merupakan salah satu informasi terbesar yang diumumkan pada acara bertajuk ‘Made On YouTube’. Selain program ini, YouTube juga mengungkap kebijakan terkait program pembagian pendapatan iklan untuk kreator YouTube Shorts dengan 45 persen untuk kreator dan 55 persen untuk pihak YouTube. 

Share
×
tekid
back to top