sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
Kamis, 30 Apr 2020 10:25 WIB

Cara agar video YouTube tetap berjalan walau layar dalam keadaan mati atau terkunci

Youtube di iPhone dapat diputar di latar belakang hanya bagi akun premium yang berbayar, untungnya masih ada jalan agar lagu yang diputar dari video tersebut dapat tetap berjalan walau layar terkunci atau dimatikan. Begini caranya.

Cara agar video YouTube tetap berjalan walau layar dalam keadaan mati atau terkunci
Source: Pexels

Di iPhone, sebagian besar aplikasi memungkinkan Anda untuk memutarnya di latar belakang. Dalam artian, walaupun sudah berpindah aplikasi atau mengunci smartphone, musik tetap berputar. Namun, lain halnya dengan video, karena selama ini tidak memungkinkan video terus berputar selama iPhone dikunci atau layarnya dimatikan.

Sementara itu, orang-orang kini mulai beralih ke Youtube - platform yang menawarkan audio serta video - untuk mendengarkan musik. Sebelumnya, Youtube telah membuat pembaruan yang memungkinkan Anda memutar video di latar belakang. Namun, ini hanya bisa dilakukan untuk pelanggan premium yang berbayar.

Untungnya, ada solusi yang memungkinkan Anda memutar musik dari video YouTube secara gratis, di latar belakang. Tips dan trik kali ini benar-benar mudah dilakukan dengan membuka Youtube melalui browser di iPhone atau Safari. Berikut langkahnya.

1. Buka Safari dan pergi ke Youtube.com
2. Cari musik yang ingin Anda dengarkan
3. Klik ikon Aa yang ada di sebelah kiri bar alamat pencarian

tampilan Youtube di Safari
4. Lalu pilih Request desktop website pada menu yang muncul
5. Putar video yang telah dipilih

Pada titik ini ketika Anda kembali ke layar beranda atau mengunci ponsel, musik otomatis akan berhenti karena video berhenti diputar.  Namun, Anda dapat memainkannya kembali dengan harus pergi ke browser lagi.

6. Geser ke atas untuk membuka Control Center
7. Temukan widget pemutar musik
8. Lagu yang sebelumnya Anda putar dari video Youtube, akan tampil di widget tersebut
9. Lalu klik tombol Play yang ada di widget

Tampilan control center

Setelah musik diputar dari widget, kini Anda bisa mendengarkan musik itu walaupun layar dalam keadaan terkunci atau standby. Anda juga dapat mengontrol musik yang diputar dari video Youtube itu melalui kontrol di layar kunci. 

Perlu dicatat, cara ini tidak dapat memutar playlist atau mengganti lagu dari video lain dengan sendirinya. Anda perlu kembali ke Safari ketika lagu berakhir dan memilih video lainnya. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih video dengan durasi panjang yang terdapat banyak judul lagu di dalamnya.

Share
back to top