Bose bawa teknologi peredam suara ke mobil listrik

Bose menggunakan kombinasi akselerometer, software pemroses sinyal khusus, mikrofon, dan sistem audio bawaan kendaraan untuk mengontrol suara yang tidak diinginkan.

Bose bawa teknologi peredam suara ke mobil listrik Source: Pexels

Dikenal sebagai produsen perangkat audio unggulan, Bose juga memiliki teknologi pemblokir suara (noise-canceling). Menggunakan teknologi ini, suara sekitar menjadi tidak terdengar ketika kamu menggunakan headphone.

Dilansir dari The Verge (9/11), perusahaan khusus audio tersebut baru saja mengumumkan tengah membawa teknologi headphone tersebut ke mobil listrik. Teknologi ini diberi nama QuietComfort yang diklaim dapat mengukur getaran kendaraan untuk menghilangkan kebisingan.


BACA JUGA

Teknologi mobil hidrogen kian mutakhir

Taksi listrik di Norwegia dukung wireless charging

Ford kian serius garap mobil listrik, tambah investasi Rp12 triliun


Mengendarai mobil listrik akan memberikan pengalaman yang berbeda, lebih tenang dibanding mobil dengan mesin pembakaran konvensional. Meski begitu, pengendara masih bisa mendengar kebisingan dari deru angin dan suara ban melibas jalanan.

Metode peredam kebisingan konvensional meliputi material yang bersifat isolator atau ban khusus demi meminimalisirkan kebisingan karena berjalan di jalan kasar atau aspal yang tidak rata. Tetapi metode ini dapat menambah bobot kendaraan dan menurunkan efisiensi.

Bose menggunakan kombinasi akselerometer, software pemroses sinyal khusus, mikrofon, dan sistem audio bawaan kendaraan untuk mengontrol suara yang tidak diinginkan.

“Akeselerometer yang dipasang pada bodi mobil memungkinkan algoritma Bose untuk terus mengukur getaran yang menghasilkan kebisingan. Informasi ini kemudian digunakan untuk menghitung sinyal peredam akustik, yang dikirim melalui speaker kendaraan untuk mengurangi kebisingan.

Mikrofon yang ditempatkan di dalam kabin memonitor tingkat kebisingan residu, yang memungkinkan sistem untuk menyesuaikan sinyal kontrol untuk kinerja yang dioptimalkan pada permukaan jalanan yang berbeda,” kata Bose. Kedepannya Bose akan berkolaborasi dengan pabrikan otomotif untuk menerapkan teknologi tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: