sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Selasa, 17 Sep 2019 08:22 WIB

Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6

Memiliki kelebihan di bidang menghandle jaringan yang padat dan kecepatan tinggi, perangkat dengan Wi-Fi 6 segera akan banyak beredar di pasaran.

Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6
Ilustrasi WiFi Pixabay

Wi-Fi Alliance dikabarkan akan segera mempercepat kehadiran generasi selanjutnya dari jaringan nirkabel, yakni Wi-Fi 6. Diketahui, keberadaan dari Wi-Fi 6 sebenarnya sudah ada semenjak pertengahan tahun 2018 silam.

Wi-Fi 6 mencakup banyak teknologi baru yang digabungkan untuk membuat teknologi Wi-Fi jauh lebih efisien. Hal ini sangat penting karena saat ini semakin banyak orang, terutama di rumah yang bergantung dengan jaringan Wi-Fi.

"Skenario di dalam rumah pada saat ini terlihat seperti penyebaran padat," kata Kevin Robinson, pemimpin pemasaran untuk Wi-Fi Alliance seperti dikutip dari laman The Verge (17/9/2019).

Tujuan utama dari Wi-Fi 6 adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam jaringan yang padat. Kecepatan maksimum teoritis untuk Wi-Fi juga meningkat dari Wi-Fi sebelumnya, yakni dari 3,5Gbps menjadi 9,6Gbps. 

Namun, angka tersebut tidak terlalu penting untuk para pengguna rumahan. Hal ini dikarenakan jarang sekali sebuah keluarga memiliki perangkat yang membutuhkan kecepatan internet di angka tersebut. Yang terpenting adalah Wi-Fi 6 memiliki banyak alat yang memungkinkannya untuk beroperasi lebih cepat dan mengirimkan lebih banyak data sekaligus, sehingga kecepatan yang Anda dapatkan akan lebih tinggi dari sebelumnya. 

Keuntungan tersebut akan terlihat pada jaringan yang padat, di mana peningkatan efisiensi akan memenuhi tuntutan Wi-Fi yang lebih tinggi. Tak ketinggalan, Wi-Fi 6 juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Namun, peluncuran hari ini sebenarnya sebagian besar hanya formalitas. Program sertifikasi Wi-Fi 6 tidak terlalu diperlukan. Bahkan beberapa perusahaan telah meluncurkan perangkat dengan Wi-Fi 6 tanpa sertifikasi dan dapat berjalan dengan baik.

Beberapa produsen dan perangkat diantaranya yang sudah memiliki Wi-Fi 6 adalah Galaxy S10, Galaxy Note 10, iPhone 11 dan 11 Pro, Asus, dan beberapa lainnya. Hal ini menjadikan perangkat dengan Wi-Fi 6 akan lebih cepat hadir di tengah-tengah masyarakat.

Aliansi Wi-Fi mengatakan, Samsung Galaxy Note 10 akan menjadi smartphone pertama yang disertifikasi untuk standar baru. Produk lama lainnya dapat menerima sertifikasi jika mereka mengajukan permohonan dan memenuhi persyaratan. 

Tetapi karena Wi-Fi 6 membutuhkan perangkat keras baru, sebagian besar produk saat ini di pasaran tidak akan dapat diperbarui untuk mendapatkan dukungan. Ini artinya pengguna harus mengganti ke perangkat baru untuk menikmati teknologi tersebut.

Share
×
tekid
back to top