sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Minggu, 14 Apr 2024 12:47 WIB

Apple siap luncurkan chip M4 akhir tahun, fokus pada kinerja AI

Setelah peluncuran M3 pada Oktober 2023, Gurman menyarankan jangka waktu rilis Oktober yang serupa untuk seri M4.

Apple siap luncurkan chip M4 akhir tahun, fokus pada kinerja AI

Apple dilaporkan mempercepat pengembangan chip M4 generasi berikutnya, menurut Mark Gurman dari Bloomberg. Chip ini diharapkan dapat memberi daya pada Mac baru pada akhir tahun 2024, dengan fokus pada peningkatan kinerja pemrosesan kecerdasan buatan (AI).

Setelah peluncuran M3 pada Oktober 2023, Gurman menyarankan jangka waktu rilis Oktober yang serupa untuk seri M4. Peluncuran ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan peningkatan pada iMac, MacBook Pro 14 inci entry-level, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci kelas atas, dan model Mac mini.

Dilansir dari Gizmochina (12/4), hal tersebut akan diikuti oleh pembaruan pada MacBook Air 13 inci dan 15 inci pada musim semi tahun 2025, kemudian Mac Studio pada pertengahan tahun 2025, dan terakhir Mac Pro pada akhir tahun 2025.

Gurman juga melaporkan nama kode untuk setidaknya tiga varian M4: Donan (low-end), Brava (mid-range), dan Hidra (high-end). Donan dapat ditemukan di model MacBook Pro, MacBook Air, dan Mac mini entry-level, sementara Brava melengkapi konfigurasi MacBook Pro dan Mac mini kelas atas. Chip Hidra, kemungkinan ditujukan untuk Mac Pro, mengisyaratkan potensi branding “Ultra” atau “Extreme” saat dirilis.

Desktop M4 Mac diharapkan mendukung peningkatan memori yang signifikan, mencapai memori terpadu hingga 512 GB dibandingkan dengan batas 192 GB saat ini. Sambil mempertahankan proses manufaktur 3nm pada chip M3, pemasok Apple TSMC mungkin menggunakan versi yang disempurnakan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi energi.

Selain itu, Apple berencana untuk meningkatkan Neural Engine secara signifikan, kemungkinan besar akan meningkatkan inti yang didedikasikan untuk tugas-tugas AI.

Share
×
tekid
back to top