sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 21 Mei 2024 16:03 WIB

Apple rilis iOS 17.5.1 untuk atasi korupsi basis data yang mengembalikan foto terhapus

Laporan dari pengguna menyebutkan bahwa foto-foto yang mereka kira sudah hilang selamanya muncul kembali di galeri foto mereka.

Apple rilis iOS 17.5.1 untuk atasi korupsi basis data yang mengembalikan foto terhapus

Apple merilis pembaruan perangkat lunak terbaru, iOS 17.5.1 dan iPadOS 17.5.1, untuk memperbaiki masalah serius yang menyebabkan foto yang sudah dihapus muncul kembali di perangkat pengguna. Masalah ini terjadi setelah pengguna mengunduh iOS 17.5 dan iPadOS 17.5.

Laporan dari pengguna menyebutkan bahwa foto-foto yang mereka kira sudah hilang selamanya muncul kembali di galeri foto mereka. Yang lebih mengkhawatirkan, beberapa foto yang muncul kembali tersebut bahkan berasal dari lebih dari satu dekade lalu. 

Korupsi basis data yang menjadi penyebab masalah ini telah memicu kekhawatiran serius di kalangan pengguna. Biasanya, setelah foto dihapus, pengguna hanya memiliki waktu 30 hari untuk mengembalikannya sebelum foto tersebut dihapus secara permanen. Namun, bug ini menyebabkan foto-foto tersebut kembali muncul, bahkan pada perangkat yang tidak menggunakan iCloud, memicu spekulasi bahwa foto mungkin dipulihkan dari penyimpanan internal perangkat.

Dilansir dari Phone Arena (21/5), seorang pengguna Reddit, dalam sebuah posting yang kini telah dihapus, melaporkan bahwa pembaruan tersebut menyebabkan foto yang sudah dihapus muncul di iPad yang telah mereka bersihkan dan jual kepada teman mereka. 

Apple menyatakan bahwa pembaruan ini menyediakan perbaikan bug penting dan mengatasi masalah langka di mana foto yang mengalami korupsi basis data dapat muncul kembali di galeri foto meskipun sudah dihapus.

Cara Memperbarui iOS dan iPadOS

Untuk memastikan keamanan data dan privasi pengguna, Apple mendesak semua pengguna untuk segera mengunduh pembaruan terbaru ini. Langkah-langkah untuk mengunduh pembaruan adalah sebagai berikut:

1. Buka pengaturan di perangkat pengguna.

2. Ketik umum.

3. Pilih pembaruan perangkat lunak.

4. Unduh dan instal pembaruan yang tersedia.

Pembaruan iOS 17.5.1 dan iPadOS 17.5.1 telah dirilis dalam waktu kurang dari seminggu setelah munculnya masalah di iOS 17.5. Langkah cepat Apple ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keamanan dan privasi penggunanya.

Insiden ini menyoroti pentingnya pembaruan perangkat lunak untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal perangkat. Meskipun bug ini sangat mengkhawatirkan, tindakan cepat Apple dalam merilis pembaruan perbaikan patut diapresiasi. Bagi pengguna yang tidak ingin foto-foto lama kembali menghantui mereka, sangat dianjurkan untuk segera melakukan pembaruan ke versi terbaru.

Share
×
tekid
back to top