sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 21 Feb 2024 10:02 WIB

Apple raih posisi teratas di Eropa, kalahkan Samsung

Situasi di pasar ponsel pintar Eropa telah berubah ketika Apple meraih posisi teratas, mengalahkan Samsung setelah pertempuran sengit yang berkepanjangan.

Apple raih posisi teratas di Eropa, kalahkan Samsung

Situasi di pasar ponsel pintar Eropa telah berubah ketika Apple meraih posisi teratas, mengalahkan Samsung setelah pertempuran sengit yang berkepanjangan. Kuartal liburan tahun 2023 menandai momen penting bagi Apple, karena Apple mengalami pertumbuhan kecil dari tahun ke tahun, mengirimkan 12,4 juta unit. Pencapaian ini mengakhiri tujuh kuartal berturut-turut di mana Samsung memimpin.

Dilansir dari Gizmochina (21/2), pergeseran posisi teratas ini bukan hanya kisah kesuksesan Apple tetapi juga mencerminkan dinamika pasar yang lebih luas. Secara keseluruhan, pengiriman ponsel di Eropa turun 3% menjadi 37,8 juta unit pada kuartal keempat tahun 2023. Samsung, meski menghadapi penurunan 12% menjadi 10,8 juta unit, berhasil mempertahankan posisinya, sebagian berkat kuatnya seri S dan seri A kelas menengah.

Persaingan tidak berakhir di situ. Xiaomi, Motorola, dan Honor juga menunjukkan kehadiran mereka, dengan Motorola dan Honor mencatatkan tingkat pertumbuhan yang luar biasa dari tahun ke tahun, masing-masing sebesar 73% dan 116%. Namun, model kelas atas Apple, terutama iPhone 15 Pro, yang menguasai hampir 40% pasar, sebuah rekor pangsa pasar ponsel pintar premium di Eropa.

Analis menunjuk pada tren yang berkembang menuju perangkat kelas atas dan mencatat langkah strategis Apple untuk memanfaatkan siklus penyegaran yang akan datang. Kolaborasi dengan lembaga keuangan seperti Santander di Spanyol merupakan bagian dari strategi Apple untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Dengan prediksi pertumbuhan satu digit untuk pasar ponsel pintar Eropa pada tahun 2024, penekanannya semakin meningkat pada peningkatan pengalaman pengguna melalui AI pada perangkat, personalisasi, dan integrasi ekosistem yang lancar.

Share
×
tekid
back to top