sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
Rabu, 22 Mei 2019 10:38 WIB

Apa sih keunggulan WiFi 6?

Para pengamat mengatakan bahwa teknologi WiFi 6 baru akan mengalami traksi pada awal atau akhir 2020 mendatang.

Apa sih keunggulan WiFi 6?
WiFi 6

Dewasa ini, penggunaan perangkat yang terhubung ke internet semakin banyak. Hal ini membuat para pengguna jaringan, baik di rumah maupun di kantor menggunakan tidak hanya satu router saja.

Hal ini membuat tabrakan jaringan WiFi yang berdampak menurunnya kualitas pengiriman dan penerimaan WiFi. Meski saat ini dengan menggunakan WiFi 5GHz dapat mengurangi dampak tersebut, namun penggunanya terus meningkat.

Di sinilah WiFi 6 kemudian dikenalkan. Ya, jaringan yang juga dikenal sebagai 802.11ax menawarkan kecepatan transfer data yang lebih baik. Standar WiFi baru ternyata memiliki kecepatan antara empat hingga sepuluh kali lebih cepat dari 802.11ac.

Namun, ini hanyalah teori saja. Di dunia nyata, penggunaan WiFi 6 tampaknya hanya akan meningkatkan kecepatan sekitar 50 persen saja dari perangkat router terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Tapi, hal ini bukan merupakan sebuah masalah yang terlalu buruk. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan WiFi 6, untuk pertama kalinya pengguna akan mendapatkan akses kecepatan transfer data Gigabit.

Perlu diingat, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, baik pengirim dan penerima sinya harus menggunakan WiFi 6. Saat ini, perangkat smartphone yang sudah memiliki kemampuan tersebut seperti Samsung Galaxy S10

Perangkat lain yang menggunakan prosesor terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 855 akan dapat merasakan teknologi WiFi tersebut. Sedangkan perangkat laptop akan hadir dalam waktu dekat ini.

Solusi transfer data nirkabel tersebut juga mengeliminasi masalah tidak maksimalnya antara bandwidth yang dimiliki oleh jaringan internet kita, dengan transfer data. Sekali lagi, bandwidth yang ada di WiFi 6 bisa memaksimalkannya.

Tak ketinggalan, efisiensi pembagian bandwidth juga menjadi salah satu masalah yang ada di perangkat modem saat ini. Secara efektif, modem yang ada saat ini hanya dapat mengakomodir empat perangkat secara sempurna.

WiFi 6 dipersenjatai dengan kemampuan untuk menggandakan jumlah tersebut, yang menjanjikan delapan perangkat secara simultan bisa mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik. Caranya?

Jaringan WiFi model baru ini menggunakan teknologi Multi-User-Multiple Input serta Multiple Output (MU-MIMO). Gabungan teknologi ini sebelumnya belum hadir di router generasi sebelumnya.

Wi-Fi 6 juga memanfaatkan teknologi Orthogonal Frequency Division Multiple Access (ODMFA). Secara mudah, teknologi ini akan menghemat penggunaan daya dari perangkat dengan cara saluran WiFi tetap terbuka sampai transmisi data Anda selesai, lalu secara otomatis di tutup.

Hal ini akan menurunkan waktu sebuah perangkat menunggu untuk mendapatkan giliran untuk menggunakan jaringan secara optimal. Sebelumnya, pengguna harus memutuskannya secara manual barulah pengguna lain bisa menggunakannya.

Selain membantu Anda secara pribadi, OFDMA memungkinkan permintaan bandwidth rendah untuk mengirim secara paralel. Ini berarti Anda mendapatkan latensi dan jitter yang jauh lebih kecil. Karena kita semakin bergantung pada jaringan untuk video dan Internet of Things (IoT), ini akan membantu kedua teknologi tersebut memenuhi potensi mereka.

Pengguna IoT juga akan mendapat manfaat dari fitur baru yang disebut Target Wake Time (TWT). Dengan fitur ini, router dapat menjadwalkan waktu check-in. Hal ini memungkinkan perangkat IoT menggunakan lebih sedikit daya karena mereka tidak akan terus-menerus menjaga koneksi internet mereka.

Begitu juga dengan perangkat smartphone yang akan lebih irit daya. Saat router menangkap ada transisi, barulah WiFi bekerja. Sedangkan pada saat kita tidak gunakan, maka jaringan akan terputus secara otomatis, dan akan tersambung secara otomatis pula.

ZDnet (22/5/2019) melaporkan, Analis Senior ABI Research Andrew Zignan mengatakan saat ini beberapa vendor seperti Broadcom, Qualcomm, Marvell, Quantenna, Intel, dan Celenom sudah memiliki akses ke WiFi 6.

“Sayangnya, mereka baru mendapatkan versi pra-standar,” ujar Zignan.

Beberapa perangkat router dengan teknologi WiFi 6 sebenarnya sudah ada di pasaran. Sebagai contoh, Asus sudah memiliki router WiFi 6 melalui RT-AX88U Dual Band 802.11ax Wi-Fi Router, Netgear dengan Nighthawk AX8 (RAX80), dan TP-Link dengan Archer AX6000. 

Tapi ada yang harus diingat, harga dari router WiFi 6 ini tidak murah. Beberapa pengamat mengatakan, pergeseran dari teknologi WiFi generasi sebelumnya ke WiFi 6 baru akan terjadi pada awal atau akhir 2020. Sudahkah Anda siap untuk menyongsong teknologi jaringan nirkabel yang super cepat?

Share
×
tekid
back to top