sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Rabu, 28 Okt 2020 15:43 WIB

6 aplikasi animasi gratis untuk para animator

Ada beberapa cara murah untuk membuat konten video yang keren. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi edit video animasi yang pastinya akan membuat video Anda semakin menarik.

6 aplikasi animasi gratis untuk para animator

Video saat ini menjadi alat pemasaran yang cukup sering digunakan pada sebuah brand. Setidaknya ada 85% pengguna internet menonton konten video sebulan sekali. Faktanya, berdasarkan data dari HubSpot, 54% orang berpikir bahwa brand harus membuat lebih banyak konten video.

Masalahnya, membuat konten video tidak selalu mudah. Mungkin saja Anda kehabisan ide, atau mungkin Anda malu berada di depan kamera, atau juga Anda tidak memiliki peralatan yang diperlukan. Belum lagi anggaran yang harus disiapkan. Untungnya, ada beberapa aplikasi gratis dan praktis yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi untuk membuat animasi yang menarik untuk video Anda, jangan khawatir karena Tek.id akan memberikan 6 aplikasi edit video animasi gratis untuk para animator.

#1 Animaker

Animaker adalah software animasi gratis dan aplikasi ini sangat efektif dan mudah untuk digunakan oleh pemula. Terdapat 6 jenis video yang dapat Anda buat menggunakan aplikasi ini, seperti animasi 2D, Infografik, Handcraft, Whiteboard, 2,5D, dan Typography. Animaker memberikan kualitas full HD, video layouts vertikal dan horizontal, dan grafik siap pakai untuk dipilih.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat video animasi dalam waktu singkat. Selain itu, ada fitur audio dalam aplikasi ini termasuk menambahkan musik untuk latar belakang video, serta efek suara yang menarik. Anda dapat memilihnya dari perpustakaan suara Animaker atau mengunggah lagu Anda sendiri. Animaker dapat diakses melalui web browser secara gratis.

#2 Blender

Sumber : Blender

Blender bisa menjadi solusi aplikasi terbaik untuk membuat video animasi profesional. Aplikasi animator 3D ini memiliki fitur modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, pengomposisian dan motion tracking, pengeditan video, dan pipeline animasi 2D. Selain itu, ada fitur tambahan seperti teknik mengukir dan grease pencil. Aplikasi ini dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux secara gratis.

#3 K-3D

K-3D adalah software animasi 3D yang memiliki spesialisasi dalam polygonal modeling dan pendekatan dalam grafik digital. Dirancang untuk seniman animasi, software ini mengkombinasi antara plugin dengan visualisasi arsitektur pipeline, menyesuaikan dengan tampilan dan nuansa tools yang Anda intergrasikan.

Mulailah dengan tutorial yang mereka berikan, untuk menunjukkan cara singkat bagaimana menguasai fitur-fitur seperti tekstur, shadows, dan model simetris. Salah satu fitur terbaiknya? Fungsi undo/redo yang mudah, sehingga Anda dapat memperbaiki kesalahan dengan cepat. Aplikasi ini dapat diakses melalui Windows dan Linux secara gratis.

#4 OpenToonz

Sumber : Opentoonz

OpenToonz adalah salah satu software animasi gratis populer untuk video 2D. Software open-source ini gratis, untuk penggunaan komersial dan non-komersial, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat video pemasaran untuk brand Anda. Fitur dalam aplikasi ini cukup beragam seperti alat gambar digital, color pallete, efek dan komposisi, membuat script, motion tracking, scan dan cleanup, frame-by-frame, motion tweening, karakter animasi bones, sistem partikel. Aplikasi ini dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux secara gratis.

#5 Pencil2D Animation

Pencil2D adalah software animasi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membuat video 2D yang digambar dengan tangan. Software open-source ini gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, jadi Anda dapat menggunakannya jika hanya untuk bersenang-senang atau membuat video untuk mempromosikan produk Anda.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat mengimpor gambar dan audio, menyesuaikan frekuensi gambar, menambahkan distorsi dan efek pencahayaan, kustomisasi toolbar, dn sebagainya. Aplikasi ini dapat diakses melalui Windows, Mac, dan Linux.

#6 Powtoon

Perangkat lunak animasi video berikutnya yang gratis adalah Powtoon, dimaksudkan untuk presentasi video dinamis. Meskipun ada opsi berbayar dengan fitur-fitur canggih, Powtoon juga memiliki tools gratis yang bisa dipakai untuk membuat video hingga tiga menit. Software ini memiliki tambahan tools lainnya seperti gaya kustomisasi, mengubah aspek rasio dan ukuran, dapat mengekspornya ke YouTube, Facebook, Wistia, Vimeo, PowerPoint, dan PDF, selain itu juga memikiki video yang lengkap, animasi, GIF, dan implementasi file gambar.

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, dengan tampilan gambar yang profesional akan membuat karya Anda semakin menarik. Aplikasi ini dapat diperoleh melalui Web Browser dengan gratis.


Itu tadi beberapa aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa Anda gunakan secara gratis. Beberapa aplikasi di atas bebas digunakan untuk membuat konten pribadi dan juga komersial.

Share
×
tekid
back to top