sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 13 Jan 2022 14:15 WIB

Review Truecaller, solusi untuk deteksi spam dan lacak nomor telepon

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima spam di dunia.

Review Truecaller, solusi untuk deteksi spam dan lacak nomor telepon

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sering menerima panggilan atau SMS spam. Panggilan tersebut bisa berasal dari mana saja, termasuk dari telemarketing atau parahnya penipuan berkedok hadidah bernilai Jutaan Rupiah. Agar dapat mencegah hal yang tidak diinginkan dari gangguan panggilan spam, salah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi Truecaller.

Truecaller sendiri adalah salah satu platform yang berguna untuk memverifikasi identitas pemilik nomor telepon. Aplikasi ini sudah mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna aktif menjadi 300 juta di seluruh dunia. Pencapaian ini diklaim memperkuat posisinya sebagai salah satu layanan pendeteksi spam dan caller ID terbesar di dunia.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima spam di dunia berdasarkan Global Spam Report dari Truecaller. Laporan Truecaller tersebut juga menunjukkan bahwa rata-rata pengguna di Indonesia berisiko mendapatkan lebih dari 18 panggilan spam setiap bulannya.

Dalam hal caller ID (pendeteksi nomor telepon) fitur ini hadir dalam dua versi. Versi pertama adalah pendeteksian dari pengguna Truecaller. Artinya, pengguna yang merasa telah dihubungi lewat telepon yang tidak diinginkan (contoh: asuransi atau telemarketing) dapat ditandai sebagai spam dan memberi nama dari sang penelepon yang tidak diinginkan tersebut.

Setelah salah satu pengguna meregistrasinya sebagai spam dengan nama yang spesifik, maka pengguna Truecaller yang lain akan melihat nama sang penelepon meski sebelumnya mereka tidak menyimpan dalam kontaknya. Versi kedua adalah spam yang diidentifikasi oleh pihak Truecaller sendiri. Kedua versi tersebut sama-sama dapat membantu pengguna untuk mendeteksi SMS atau panggilan telepon yang masuk.

Aplikasi Truecaller tersedia dalam platform Android dan iOS. Saya sendiri mengunduhnya dari platform Android. Perlu diingat bahwa aplikasi ini termasuk ke dalam an-app purchases, jadi ada beberapa fitur ekslusif yang hanya bisa digunakan ketika kamu membelinya secara berlangganan. Sementara untuk versi gratis. kalian akan sering disodorkan beberapa iklan. Meski begitu, versi gratis juga dapat mengenali nomor yang tidak dapat dikenal dan memblokirnya.

Setelah mengunduhnya, tampilan antarmuka dari aplikasi Truecaller cukup sederhana dan mudah dimengerti. Kalian juga dapat menjadikan aplikasi tersebut sebagai default untuk aplikasi panggilan dan SMS. Bisa dibilang Truecaller sangat akurat dalam mencari identitas nomor telepon. Dengan menginstal aplikasi ini, kalian akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali ada panggilan dari nomor yang berpotensi spam.

Layanan ini sangat berguna terutama dalam membantu kelompok new adopter yang baru belajar menggunakan teknologi digital, yang biasanya lebih rentan terhadap penipuan panggilan telepon. Pelanggan layanan Truecaller premium akan mendapatkan update nomor spam secara otomatis, sementara pengguna reguler harus melakukan update secara berkala.

Truecaller memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk menentukan siapa yang bisa menghubunginya. Jika kamu menginginkan hanya orang-orang dalam daftar kontak yang dapat menghubungi, maka kamu dapat melakukannya. Caranya buka menu Pengaturan atau Setting, pilih menu block, dan kemudian pilih pengaturan ‘Block Number Not in the Phonebook”

Kalian bahkan bisa memblokir panggilan dari semua nomor telepon dari negara atau kombinasi nomor tertentu. Caranya, pada menu ‘block’, kamu dapat memilih tanda plus (+), lalu pilih ‘block a country code’ atau ‘block a series number.’ Dalam menu yang sama, kalian juga dapat memilih melakukan penyaringan panggilan dengan blokir nomor telepon berdasarkan nama pengirim.

Selain menyediakan layanan blokir spam, aplikasi Truecaller juga menyediakan pesan instan untuk SMS dan melakukan telepon. Seperti yang telah disebutkan di atas, kalian juga dapat menjadikan aplikasi Truecaller sebagai aplikasi utama atau default untuk mengirim dan menerima pesan SMS.

Truecaller dapat mengkategorikan SMS di inbox pengguna berdasarkan informasi penting yang dibutuhkan, kamu juga dapat menyalakan reminder pembayaran transaksi digital, dan menandai pesan-pesan yang berpotensi spam, Semua proses ini berlangsung secara offline di perangkat pengguna.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, antarmuka yang diberikan oleh aplikasi Truecaller cukup simpel dan mudah dimengerti. Ketika membuka aplikasi, kita akan ditawarkan dengan berbagai kontak keluar atau masuk, serta nomor yang terblokir karena dianggap spam.

Kemudahan yang dapat menghadirkan nilai tambah adalah bahwa Truecaller memungkinkan kita menyimpan nomor telepon tanpa harus repot mengetik atau menginput nomor tersebut. Ini dapat dilakukan dengan hanya menekan ikon berbentuk kamera pada menu pencarian. Arahkan kamera pada gambar atau poster yang memuat nomor tersebut. Selanjutnya, nomor telepon akan otomatis terinput tanpa perlu mengetik satu per satu.

Untuk versi berbayar atau premium, kalian harus berlangganan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, atau satu tahun. Artinya, tidak memungkinkan memiliki versi Truecaller premium dengan sekali bayar untuk selamanya. Biaya premium 1 bulan adalah Rp15.000, 3 bulan adalah Rp36.000, sedangkan berlangganan 1 tahun berbiaya Rp99.900. Adapun versi Truecaller Gold berbiaya Rp990.000. Truecaller Gold berada satu tingkat di atas Premium.

80
Truecaller
 
Keunggulan
  • Penggunaan mudah
  • Sigap deteksi spam
  •  
 
Kekurangan
  • Harus berlangganan untuk mendapatkan fitur-fitur ekslusif (tidak bayar sekali)
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top