sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Kamis, 11 Jul 2024 17:03 WIB

Smartphone ini punya AI, Web3, dan blockchain tertanam

Tidak menggunakan layanan cloud, Up Mobile hadir dengan teknologi AI, Web3, dan blockchain yang tertanam di perangkat dengan harga Rp11 juta-an. Spesifikasinya juga cukup meyakinkan untuk digunakan harian.

Smartphone ini punya AI, Web3, dan blockchain tertanam

Ketika kita berbicara mengenai Web3, banyak orang yang mengira teknologi yang satu ini sudah mati. Hal ini dikarenakan saat ini, AI sedang menjadi buah bibir banyak orang karena sudah banyak tersedia di berbagai platform, termasuk AI.

Namun, sebuah perusahaan smartphone bernama Up Network mengumumkan sebuah perangkat baru yang bernama Up Mobile. Smartphone yang satu ini hadir dengan beberapa teknologi yang menarik, termasuk Web3, AI, dan teknologi blockchain.

Dilansir dari laman Digital Trends (11/7), Up Mobile diklaim sebagai smartphone pertama di dunia yang mengintegrasikan AI dan teknologi blockchain. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Move yang dikembangkan oleh Facebook, perangkat ini menawarkan pengalaman pengguna yang unik dan aman.

Untuk mengembangkan smartphone yang satu ini, Up Network berkolaborasi dengan Movement Labs, yang menyediakan teknologi blockchain untuk memperluas adopsi bahasa Move. Kemitraan ini bertujuan untuk membuat Web3 lebih mudah diakses oleh semua orang dan menandai era revolusi Web3 konsumen.

Apa yang membedakan Up Mobile dari perangkat lain? Pertama, algoritma AI digunakan untuk meningkatkan keamanan melalui pengenalan wajah dan sidik jari. Namun, identitas tetap terjaga tanpa mengungkapkan data biometrik. 

Selain itu, model bahasa besar (LLM) beroperasi secara lokal di telepon, membantu tugas-tugas sehari-hari seperti memesan makan malam atau menyusun daftar belanja. Semua proses ini bersifat pribadi dan andal, berbeda dengan solusi berbasis cloud standar.

Nah untuk spesifikasinya sendiri, Up Mobile menggunakan layar 6,95 inci dengan refresh rate 144Hz dan resolusi FHD+. Untuk menjalankan OS-nya, mereka menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 8200 yang dipadukan dengan RAM 12GB.

Di bagian belakang, terdapat tiga kamera dimana memiliki kamera utama 100 megapiksel, serta dua kamera lain beresolusi 8MP dan 2MP. Baterai 5.000mAh dan penyimpanan 256GB turut melengkapi smartphone tersebut.

Up Mobile dijadwalkan rilis pada Oktober 2024 dengan harga USD699 atau sekitar Rp11,3 juta-an. Pra-pemesanan akan dibuka melalui situs web Up Networks pada tanggal 24 Juli.

Share
×
tekid
back to top