sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Jumat, 14 Agst 2020 10:47 WIB

6000mAh, realme C12 tampil stylish dengan baterai besar

realme telah membawa smartphone terbarunya di Indonesia, yang disebut realme C12 dengan desain stylish dan baterai besar.

6000mAh, realme C12 tampil stylish dengan baterai besar

realme baru saja membawa smartphone terbarunya di Indonesia, yang disebut realme C12. Dengan mengusung slogan "6000mAh Triple Camera", yang mempopulerkan baterai 6000mAh di kelas pemula. realme C12 juga menjadi smartphone pelengkap di jajaran realme C series yang mengusung teknologi terkini di kelas pemula.

realme C12 hadir dengan desain Geometric Gradient yang membuatnya terlihat begitu stylish. Bodi belakangnya juga tampil dengan bentuk trapesium yang membagi bodi belakang menjadi tiga area dengan sudut garis yang berbeda. Jadi saat sudut tampilan berubah, maka warna dan cahaya di setiap area juga akan berubah.

Smartphone ini juga hadir dalam dua varian warna, yakni Marine Blue dan Coral Red. Bukan hanya itu, kotak penjualan realme C12 juga merupakan hasil karya kreatif realme Fans pemenang kontes #GambarinBoxrealme yang akan dijual secara terbatas di realme stores. Melalui semangat Dare to Leap, realme memprioritaskan dan mendukung penuh kreativitas dari realme Fans, sehingga realme membuat kotak realme C12 ini spesial dan terbatas dengan design dari realme Fans.

Pada bagian depan, realme C12 menampilkan layar 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9. Tentunya dengan layar seluas ini membuat smartphone ini nyaman digunakan untuk bermain gim dan menonton video. Layarnya juga tampil dengan desain Mini-drop untuk menempatkan kamera selfie beresolusi 5MP dengan aperture f/2.4 dan menghadirkan rasio layar hingga 88,7 persen.

Pada bagian belakangnya, realme C12 tampil dengan tiga kamera belakang yang terdapat di sisi atas bodi dan dilengkapi LED flash untuk menunjang kegiatan fotografi dalam kondisi minim cahaya. Smartphone ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bodi belakangnya yang mampu membuka layar hanya dalam waktu 0,27 detik. Realme C12 juga dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah untuk mempermudah membuka kunci dengan sekali klik atau sekali lirikan wajah.

Kemudian pada sisi kiri smartphone terdapat slot dua kartu SIM dan satu kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 256GB. Sedangkan pada bagian kanan bodi terdapat tombol volume dan tombol power. Selanjutnya di bagian bawah smartphone terdapat speaker, jack audio 3,5mm, dan port USB untuk mengisi daya baterainya.

Performa

Berbicara performa, realme C12 ditenagai dengan prosesor MediaTek Helio G35. Prosesor delapan-inti ini dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, sehingga menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Prosesor ini juga sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula, karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan gim menengah dan berat yang banyak digunakan. Prosesor ini juga dikolaborasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

realme C12 turut menjalankan sistem operasi Android 10 dengan realme UI. Dengan realme UI ini, smartphone akan bekerja secara mulus dan menyenangkan ketika digunakan. Terinspirasi gaya hidup sehari-hari dari generasi muda, realme UI dirancang dengan mempertimbangkan empat hal, yakni warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

Dalam hal warna, realme UI menggunakan warna dengan saturasi dan kecerahan tinggi untuk membangun skema warna otentik, yang membawa semangat dan kesegaran. realme UI juga menggunakan elemen inti yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ikon “Pengaturan”, berasal dari bagian-bagian roda gigi yang direstrukturisasi melalui kumpulan lingkaran yang berasal dari lingkaran primer dengan rasio emas. Tentunya ini menjadi proporsi geometris yang menambah estetika. Gaya desain ini menghadirkan desain ikon minimalis dan dinamis, yang lebih jelas dan teratur.

realme UI juga memiliki fungsi kustomisasi ikon yang dapat mengubah ukuran grafik internal ikon, bukan hanya mengubah bentuk dan ukuran ikon saja. Untuk mencocokkan dengan ikon aplikasi, realme UI juga menghadirkan 11 wallpaper baru yang terinspirasi oleh elemen alami yang memang sangat cocok untuk skema warnanya.

Dalam hal animasi sistem, realme UI juga dilengkapi dengan mesin animasi kuantum terbaru, yang meningkatkan kelancaran layar. Sementara itu, tim pengembang realme telah membuat lebih banyak optimasi dalam detail animasi, menjadikannya super keren dan menyenangkan.

realme UI juga menghadirkan sistem "Perlindungan Informasi Pribadi", yang akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Sistem ini juga memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi. Smartphone ini juga telah memiliki opsi untuk Mode Gelap, dan memungkinkan penggunanya untuk mengatur mode ini secara otomatis saat matahari terbit serta menyala saat matahari terbenam.

realme C12 juga dibekali baterai besar berkapasitas 6000mAh yang mendukung Reverse Charging. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, realme C12 memiliki waktu siaga super panjang 57 hari. Jadi, smartphone ini sangat nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan dan kapan pun, tanpa khawatir harus cepat kehabisan daya baterai.

Smartphone ini juga dibekali Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze) dan Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization). Di mana App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sedangkan Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. realme C12 turut memiliki Sleep Standby Mode untuk menghemat daya baterai ketika tidur. Tak ketinggalan, smartphone ini juga memiliki Power Saving Mode, yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik, dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.

Bahkan, realme C12 juga memiliki Super Power Saving Mode. Di mana dalam mode ini, pengguna dimungkinkan memilih enam aplikasi yang paling banyak digunakan agar tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Ketika diuji menggunakan aplikasi benchmark Geekbench 5, realme C12 berhasil memperoleh skor 165 dalam pengujian single-core dan skor 972 dalam pengujian multi-core. Sedangkan dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark, realme C12 berhasil memperoleh skor 5983. Sementara dalam pengujian baterainya, smartphone mampu bertahan selama 19 jam 13 menit. Dengan kapasitas baterai yang besar, tentunya hasil pengujian baterai ini tidak begitu mengejutkan.

Kamera

Beralih ke kamera, realme C12 dibekali AI Triple Camera pada bagian belakangnya dengan resolusi utama 13MP dan memiliki aperture f/2.2. Kemudian lensa B&W beresolusi 2MP dengan aperture f/2.4 dan lensa makro beresolusi 2MP dengan aperture f/2.4. Smartphone ini tentunya dibekali dengan berbagai fitur kamera untuk menunjang hasil gambar yang apik dan unik. Di mana, smartphone ini memiliki fitur Chroma Boost, Nightscape, HDR, Expert, Ultra Macro, dan lainnya.

Bahkan realme C12 juga mendukung PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. Smartphone ini juga memiliki 4x zoom, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh. Berbicara hasil kamera belakang, realme C12 mampu menghasilkan gambar yang jernih dan detail. Ketika gambar dizoom, hasilnya juga tetap menampilkan sedikit noise. Kemudian kamera smartphone juga mampu merubah latar belakang gambar secara otomatis menjadi blur, agar tetap terfokus pada objek yang detail.

Selain fotografi, realme C12 juga mampu merekam video dalam format 720p dan 1080p di 30fps. Bukan hanya itu, smartphone juga menghadirkan fitur Slo-mo dalam merekam video, sehingga mampu menghadirkan video yang unik dan kekinian. Beralih ke kamera depan, realme C12 melengkapi kameranya dengan teknologi AI yang beresolusi 5MP dengan aperture f/2.4.

realme juga membekali smartphone ini dengan beragam fitur pada kamera depannya. Termasuk fitur Beauty, HDR, Portrait, beragam filter warna, Panoramic View, dan Timelapse. realme C12 mampu menghasilkan gambar selfie yang detail dan terang, dengan sedikit noise. Pada fitur Portrait, smartphone juga memungkinkan pengguna mengatur tingkat bokehnya. Di fitur ini, realme C12 juga mampu menghasilkan gambar dengan bokeh yang rapi.

Kesimpulan

realme C12 hadir melengkapi opsi bagi para pengguna dengan baterai 6000mAh di kelas harga Entry-level. Seakan mendengar permintaan pengguna, realme semakin spesifik dalam memberikan pilihan smartphone harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni yang dapat menjadi alternatif sesuai kebutuhan dan budget. Selain baterai yang besar, realme C12 juga tampil dengan Desain Geometric Gradient yang begitu stylish. Ditambah lagi, realme membuat kotak realme C12 ini spesial dan terbatas dengan design dari realme Fans. Kamera smartphone ini juga dilengkapi teknologi AI, yang mampu menghasilkan gambar detail dan apik. Bagi yang penasaran dengan realme C12 dapat didapatkan di sini.

Share
×
tekid
back to top