sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • Home
  • Gadget
  • YouTube bakal punya fitur AI terbaru
Senin, 20 Nov 2023 11:51 WIB

YouTube bakal punya fitur AI terbaru, bisa tiru suara Demi Lovato dan John Legend

YouTube tengah menguji fitur AI yang bisa menirukan suara penyanyi pop dunia seperti Demi Lovato hingga John Legend.

YouTube bakal punya fitur AI terbaru, bisa tiru suara Demi Lovato dan John Legend
YouTube bakal punya fitur AI terbaru yang bisa meniru suara penyanyi pop dunia

YouTube kini sedang melakukan percobaan terhadap teknologi Artificial Intelligence (AI) terbarunya yang diberi nama Dream Track. Fitur AI ini disebut bisa menirukan suara asli dari penyanyi pop terkenal seperti Demi Lovato, John Legend bahkan terbaru Sia.

Melansir dari laman BBC (20/11), Dream Track memungkinkan pengguna untuk membuat model suara atau lagu pendek hanya dengan memberi deskripsi kualitas yang diinginkan termasuk isi lirik dan suasana hati. Ini tentu memungkinkan pengguna berekspresi secara bebas untuk menciptakan musiknya sendiri.

YouTube telah bekerja sama dengan 9 musisi dunia termasuk Charli XCX, Troye Sivan, T-Pain, dan Sia. Inilah yang membuat Dream Track nanti memungkinkan untuk menirukan suara penyanyi pop dunia.

Untuk saat ini, YouTube telah memberikan akses Dream Track kepada 100 pembuat konten di platformnya. Namun, penggunaan Dream Track sekarang masih terbatas hanya untuk YouTube Shorts saja.

Dalam masa pengujian ini, YouTube juga sudah merilis dua contoh video yang dibekali dengan suara dari Dream Track. Dalam dua video tersebut, ada tiruan suara Charlie Puth dan T-Pain.

YouTube menjelaskan untuk memproduksi suara tiruan menggunakan Dream Track hanya dibutuhkan prompt atau perintah khusus. Misalnya video tiruan suara Charlie Puth tadi, YouTube memasukkan perintah khusus yakni “Sebuah balada tentang bagaimana hal-hal yang berlawanan menarik, akustik yang ceria”.

Menurut pihak YouTube, Dream Track dewasa ini belum siap diluncurkan. Pasalnya, Dream Track dinilai masih banyak kekurangan seperti kualitas suara yang dihasilkan cukup rendah.

Kendati begitu, YouTube optimis Dream Track dapat semakin baik seiring waktu. Itu lantaran YouTube menerapkan program AI dalam fitur tersebut, sehingga Dream Track bisa menerima serta mempelajari masukan dari pengguna terkait kekurangannya secara mandiri.

Share
×
tekid
back to top