sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Jumat, 02 Jul 2021 09:05 WIB

Windows Phone bisa jalankan Windows 11

Gustave Monce dan tim berhasil menjalankan Windows 11 pada perangkat Lumia 950 XL dengan CPU berbasis ARM

Windows Phone bisa jalankan Windows 11
Source: WOA Project

Setelah diluncurkan pekan lalu, kini kabar terbaru Windows 11 telah berhasil diterapkan ke smartphone. Seorang mahasiswa teknik yang berhasil menerapkan itu, Gustave Monce, menerbitkan video ke YouTube yang menunjukkan pratinjau dari perkembangan terbaru Windows 11. Video itu menunjukkan jika sistem operasi terbaru Microsoft dapat berjalan di Windows Phone lama.

Windows Phone lama yang digunakan Monce dalam video itu adalah Lumia 950 XL. Smartphone ini mengingatkan pada era Windows 10 Mobile. Lumia 950 XL juga merupakan perangkat terakhir yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile. Monce mengatakan apabila era Windows Phone sudah hampir usang, tapi dengan keberadaan Windows on ARM (WOA) Project, orang-orang berusaha untuk mengembangkan Windows Phone agar tetap dapat digunakan. 

Dilansir dari Gizmodo (2/7), Windows Phone bahkan tidak dapat mempertahankan pangsa pasarnya yang hanya sebesar 2 persen karena digilas dengan perkembangan pesat dari perangkat lain, yang berbasis Android dan iOS. Sementara Windows Phone hampir usang, Monce bekerja sama dengan teman sekelasnya, Bingxing Wang, yang memiliki ide untuk menjalankan sistem operasi desktop agar dapat bekerja pada layar smartphone Lumia. Ini merupakan embrio dari WOA Project, yang akan mengembangkan penerapan sistem operasi Windows desktop pada smartphone

Tim sekarang terdiri dari 15 orang yang bekerja di Proyek WOA. Mereka bekerja sama untuk dapat menerapkan Windows 11 pada Lumia 950 XL. Ini dilakukan dengan merekayasa pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan Windows 10 dan 10X untuk diterapkan di Windows 11.

Dalam video itu menunjukkan, jika Windows 11 secara bawaan dapat berjalan pada CPU yang berbasis ARM. Sebelumnya, Windows 10 hanya dapat berjalan jika diemulasi pada tablet atau perangkat lain yang berbasis Qualcomm. Sementara itu, karena Microsoft membangun kembali binari Windows 11 pada ARM dengan ARM64EC, ini dimungkinkan untuk masuk dan memetakan kembali bagian-bagian dari sistem operasi agar dapat dijalankan pada smartphone atau perangkat lama yang berjalan dengan berbasis ARM.

WOA Project memiliki banyak panduan untuk membantu pengguna dapat menjalani proses untuk menerapkan Windows 11 pada Windows Phone lama. Melalui situsnya, penerapan ini memungkinkan untuk dapat dicoba.

 

Share
×
tekid
back to top