sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 05 Sep 2017 15:12 WIB

Cara memperkuat sinyal WiFi di rumah

Kamu bisa menggunakan extender milik D-Link ini untuk mengatasi dead zone di rumah.

Wi-Fi Extender mungkin tak memiliki fungsi vital bagi setiap orang, namun perangkat ini sangat dibutuhkan ketika pengguna memiliki ukuran rumah yang cukup luas atau memiliki rancangan rumah bertingkat. Sesuai pengertiannya, Wi-Fi Extender ini berfungsi sebagai perpanjangan dari sinyal router. Kehadirannya akan meminimalisir dead zone atau jangkauan sinyal dari router sudah lemah.

Melirik desainnya, D-Link DAP-1330 ini awalnya terlihat seperti perangkat extender pada umumnya. Bentuknya kaku dengan dua buah kaki berbentuk colokan soket listrik dan dilengkapi dengan LED indikator di muka. Namun, extender milik D-Link ini memiliki antena eksternal yang dapat dibuka dan berbentuk seperti telinga.

Dibekali antena untuk cakupan sinyal wi-fi lebih luas dan port RJ-45 untuk koneksi via kabel.

Sebuah tombol WPS juga bisa ditemukan di bagian depan yang menawarkan konfigurasi wireless dengan router yang sudah mangadopsi fitur serupa. Selain itu, tersedia port LAN RJ-45 di bagian bawah untuk konfigurasi via kabel, jika router Anda belum memiliki fitur WPS.

Proses penghubungan perangkat ini dengan modem cukup mudah dan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, menggunakan fitur WPS. Cukup tekan tombol WPS pada router selama beberapa detik sampai indikator WPS pada router berkedip. Kemudian, lakukan juga pada D-Link DAP-1330. Ketika indikator pada extender sudah berwarna hijau kekuningan dan tidak berkedip, jaringan sudah siap digunakan.

tes

Indikator sinyal wi-fi dengan dua led yang menyala, ini mengindikasikan sinyal cukup kuat.

Cara kedua dengan menghubungkan kabel LAN dari extender ke desktop atau laptop lalu ketikkan browser link yang tertera pada D-Link Configuration Card pada url browser di dekstop atau notebook. Lalu, pilih jaringan wireless dari router, atur nama SSID, password dan semua yang kamu butuhkan. Kemudian, klik Apply dan voila, extender-mu sudah terhubung dengan router. Sekarang, kamu bisa meletakannya di tempat yang kekuatan jaringan dari router sudah lemah.

Dari pengalaman kami, proses instalasi beserta konfigurasi extender yang hanya memancarkan sinyal 2,4GHz ini sangat mudah. Tidak diperlukan pengaturan khusus, kamu hanya perlu membuat nama SSID (Wi-Fi Name), mengatur jenis kemananannya dan password. Menariknya, DAP-1330 bisa menunjukan indikator kekuatan jaringan Wi-Fi kamu di rumah, sehingga kamu tahu tempat terbaik untuk memasangnya.

Letakkan pada spot dimana sinyal wi-fi mulai melemah.

Extender yang dibanderol dengan harga Rp300-400 ribuan ini masih cukup kompetitif. Sayangnya, extender ini masih cukup lebar untuk diletakkan berdampingan pada power outlet.

Share
×
tekid
back to top