sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 01 Apr 2024 11:07 WIB

Xiaomi siapkan konektivitas 5.5G dan komunikasi satelit untuk mobil

Selain ponsel, Xiaomi tampaknya juga mengarahkan perhatiannya pada masa depan mobil yang terhubung. .

Xiaomi siapkan konektivitas 5.5G dan komunikasi satelit untuk mobil

Perlombaan untuk konektivitas seluler generasi berikutnya semakin memanas ketika Xiaomi bergabung dengan OPPO dan Vivo dalam memanfaatkan teknologi 5.5G. Menurut informasi baru-baru ini dari Digital Chat Station, Xiaomi sedang bersiap untuk meluncurkan peningkatan 5.5G melalui pembaruan OTA (Over-the-Air), yang berpotensi untuk perangkat yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3. China Mobile juga baru-baru ini menguji Xiaomi 14 Ultra, mencapai kecepatan hingga 5.132 Mbps.

5.5G, juga dikenal sebagai 5G-A, bertindak sebagai jembatan antara jaringan 5G saat ini dan masa depan 6G. Dilansir dari Gizmochina (1/4), ini menjanjikan peningkatan yang signifikan – sepuluh kali lipat dalam kecepatan unduh melebihi puluhan gigabit per detik, latensi lebih rendah, peningkatan posisi, dan keandalan jaringan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Sebagian besar ponsel yang dibekali prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dan Dimensity 9300 terbaru mampu mendukung 5.5G. Berita ini muncul setelah OPPO mengumumkan dukungan penuh 5.5G untuk seri Find X7, dan Vivo mengungkapkan jajaran awal perangkat yang kompatibel.

Selain ponsel, Xiaomi tampaknya juga mengarahkan perhatiannya pada masa depan mobil yang terhubung. Permohonan paten baru-baru ini yang ditemukan oleh Tianyancha mengisyaratkan ketertarikan Xiaomi pada komunikasi kendaraan-ke-satelit.

Teknologi tersebut berpotensi mengoptimalkan kualitas dan keandalan komunikasi satelit di mobil Xiaomi, menawarkan fitur-fitur seperti peningkatan navigasi dan kemampuan tanggap darurat. Namun, detailnya masih perlu diperjelas apakah fungsi ini akan diintegrasikan ke dalam model Xiaomi mendatang atau tersedia sebagai upgrade untuk Xiaomi SU7 yang baru saja diluncurkan.

Konsep mobil yang terhubung dengan satelit bukanlah hal baru. Geely Holding, produsen mobil Tiongkok, baru-baru ini meluncurkan 11 satelit orbit rendah bumi melalui anak perusahaannya Geespace. Satelit-satelit ini merupakan bagian dari jaringan “Geely Future Mobility Constellation”, yang bertujuan untuk mengintegrasikan komunikasi, navigasi, dan penginderaan jarak jauh untuk mobil otonom.

Model mobil Geely, termasuk Zeekr 001 FR dan Zeekr 007, dilengkapi dengan fungsi komunikasi satelit internal, memungkinkan penentuan posisi dan konektivitas presisi tinggi dengan produk elektronik konsumen. Satelit-satelit tersebut juga menawarkan kemampuan penginderaan jarak jauh AI, yang menyediakan data pencitraan resolusi tinggi. Geely menargetkan memiliki 72 satelit di orbit pada tahun 2025, dengan total rencana untuk menjangkau 240 satelit di konstelasi tersebut.

Share
×
tekid
back to top