Tiongkok punya kamera 500 MP untuk deteksi ribuan orang

Kamera tersebut menggabungkan resolusi 500MP dengan koneksi ke cloud dan teknologi pengenalan wajah real-time berbasis AI.

Tiongkok punya kamera 500 MP untuk deteksi ribuan orang Source: Pexels

Para ilmuwan di Fudan University dan Changchun Institute of Optics di Tiongkok berhasil mengembangkan ‘kamera super’ beresolusi 500 MP yang diklaim mampu mendeteksi wajah di antara ribuan orang di stadion yang ramai. Dilansir dari PetaPixel (27/9), teknologi ini meningkatkan kekhawatiran serius seputar privasi dan pemantauan pemerintah.

Kamera ini terungkap di Pameran Industri Internasional Tiongkok oleh Xiaotang Zeng, seperti yang dilaporkan oleh ABC News. Zeng sendiri adalah salah satu ilmuwan yang terlibat dalam pengembangan kamera. Kamera tersebut menggabungkan resolusi 500MP dengan koneksi ke cloud dan teknologi pengenalan wajah real-time berbasis AI. Dengan demikian, memungkinkan untuk mengidentifikasi setiap orang dalam gambar ultra lebar di stadion yang ramai. Kamera ini juga dilaporkan dapat merekam video pada resolusi yang sama.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kamera baru Canon mirip gantungan kunci

Peneliti berhasil kembangkan lensa datar untuk ponsel

Kamera 360 derajat terbaru dari GoPro dijual Rp7,1 juta


“Sistem kamera berbasis cloud itu mampu menangkap ribuan wajah di sebuah stadion dengan detil sempurna dan menghasilkan data wajah mereka, sambil menemukan target tertentu,” tulis China News Service.

Kantor berita itu juga melaporkan bahwa teknologi ini dipuji oleh sebagian besar paker Tiongkok karena potensi militer, pertahanan nasional, dan aplikasi keamanan publik meskipun beberapa telah menyatakan keprihatinan tentang privasi.

Laporan mengkliam bahwa kamera tersebut dapat menemukan target tertentu dalam sekejap, tetapi memproses gambar 500 MP adalah tugas berat yang dapat memakan waktu berjam-jam, terutama jika semua itu dilakukan secara nirkabel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: