sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
Rabu, 06 Nov 2019 08:30 WIB

Youtube Music resmi hadir di Indonesia

Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik yang memungkinkan pengguna memutar, mendengarkan musik secara streaming.

Youtube Music resmi hadir di Indonesia
(Foto: Lely/Tek.id)

Youtube Music resmi hadir di Indonesia. Layanan ini secara resmi diboyong oleh Google untuk mengakomodir kreator dan musisi di Tanah Air. Seperti diketahui, Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik yang memungkinkan pengguna memutar, mendengarkan musik secara streaming tanpa harus menyimpannya di memori ponsel.

"Kami hari ini meluncurkan aplikasi musik berlangganan bagi jutaan pengguna di Indonesia. Banyak orang yang sudah bertanya-tanya kapan layanan ini diluncurkan. Dua layanan baru kami yang hadir di Indonesia yaitu Youtube Music dan Youtube Premium," kata Ruuben Van Den Heuvel, Head of  Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ), YouTube melalui video konferensi di kantor Google, Jakarta (5/11).

Ruuben juga menjelaskan Youtube sudah cukup lama mempersiapkan peluncuran Youtube Music di Indonesia. Utamanya perihal lisensi musik yang menjadi tantangan bagi perusahaan. Namun demikian dia menuturkan bahwa Youtube ingin memastikan semua hal di Youtube Music mematuhi aturan termasuk perihal hak cipta sehingga persiapannya cukup lama.

Seperti aplikasi streaming musik lainnya, Youtube Music menghadirkan beragam genre musik, termasuk musik yang disesuaikan dengan pengguna di Indonesia. Menariknya, aplikasi ini terintegrasi dengan Youtube. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati konten yang tersedia di Youtube melalui Youtube Music. Konten tersebut juga mencakup cover musik hingga remix yang banyak tersedia di aplikasi Youtube reguler.

Termasuk dalam persiapannya membawa Youtube Music ke Indonesia, perusahaan telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan label seperti Aquarius, Musika hingga Trinity. 

Youtube Music akan memberikan rekomendasi bagi pengguna disesuaikan dengan jenis musik yang pernah didengarkan sebelumnya. Pengguna juga bisa membuat playlist tersendiri sesuai minat mereka.

Youtube Music tersedia secara gratis di Play Store dan Apps Store. Youtube Music versi gratis memungkinkan pengguna memutar musik di latar belakang, dan mendengarkan musik disertai iklan. Namun Youtube Music juga tersedia versi premium yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik tanpa iklan disertai unduh musik secara offline. Youtube Premium sendiri dibanderol seharga Rp49.000 per bulan.

Metode pembayarannya sendiri bisa menggunakan kartu kredit dan melalui pulsa. Google menyebut telah bekerja sama dengan lima operator seluler mencakup Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri Indonesia dan Smartfren untuk memudahkan pengguna melakukan pembayaran. 

Semua konten di Youtube tersedia di Youtube Music

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati konten di Youtube Music dalam format audio maupun video. Dalam praktiknya, Youtube Music menyediakan opsi pemutaran audio atau video dalam tampilan utama saat memutar musik. Video itu sendiri tersedia berkat integrasi dengan Youtube.

Youtube Music di Indonesia

Selama ini konten musik yang di-cover jarang tersedia di aplikasi streaming, melainkan hanya di Youtube. Hadirnya Youtube Music sendiri membuka kemungkinan bagi pengguna untuk mendengarkan musik cover dan pentas live melalui konten berformat audio.

"Semua daftar putar akan tersedia di YouTube dan YouTube Music. Dan bagusnya, Anda bisa
temukan daftar putar video di YouTube kemudian Anda bisa membawanya ke aplikasi YouTube Music Anda dan mendengarkannya dalam mode audio... Ada jutaan daftar putar bagus yang dibuat
di YouTube dan kami memastikan kami membagikannya (di Youtube Music)," kata Brandon Bilinski, Product Manager for YouTube Music dalam kesempatan yang sama. 

Berkat integrasi dengan Youtube, Youtube Music juga bisa menginformasikan pengguna tentang video baru dan terpopuler saat ini. Semua konten itu nantinya masuk dalam kolom Hotlist. 

Didukung Google Search

Youtube Music merupakan layanan yang tak terpisahkan dari Youtube, yang juga menjadi salah satu produk Google. Tak ayal jika ekosistemnya didukung sepenuhnya oleh raksasa teknologi tersebut. 

Di Youtube Music sendiri, Google juga menyematkan dukungan Google Search untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian. Dengan dukungan ini, pengguna menjadi lebih mudah melakukan pencarian musik, semudah menelusuri Google Search.

Pengguna bisa menggunakan kata kunci dari penggalan lirik misalnya, untuk mencari lagu terkait. Pasalnya tak semua pengguna menghapal judul lagu yang mereka dengarkan atau nyanyikan. Sebagai contoh, pengguna bisa menggunakan kata kunci "Lagu dengan lirik izinkah aku untuk terakhir kalinya" di kolom pencarian Youtube Music.

Dengan kata kunci tersebut, Anda akan mendapati hasil pencarian yang terkait. Google bahkan menyebut Youtube Music bisa menampilkan lagu terkait meski lirik yang digunakan pengguna salah.

Selain di Indonesia, Youtube Music juga hadir di enam negara lainnya di Asia Pasifik. Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. Sebelumnya Youtube Music baru tersedia di Eropa dan Indonesia.

Share
back to top