sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Sabtu, 13 Feb 2021 11:31 WIB

Pelajaran hidup dari Anne dalam serial Anne with An E

Serial Netflix Anne with An E memiliki banyak pelajaran hidup yang dapat diambil, terutama dari karakter Anne sendiri.

Pelajaran hidup dari Anne dalam serial Anne with An E

Anne with an E merupakan serial asal Kanada yang diadaptasi dari novel Lucy Maud Montgomery (1908). Serial ini pertama kali ditayangkan di Netflix pada Mei 2017, dan berkembang hingga musim ketiga yang diluncurkan pada 2019 lalu. Sejak musim pertama, serial ini sangat sarat akan pelajaran hidup untuk orang-orang dari segala usia.

Sangat menyenangkan melihat karakter utama Anne hidup dengan ceria tanpa membiarkan pengaruh masa lalu membangunkan jiwa-jiwa lamanya. Anne diperankan oleh Amybeth McNutty. Meskipun sering terlihat adegan gadis itu berada di titik tersulit, ia selalu menemukan cara untuk melihat hal baik dari perspektif lain di dalam suatu masalah. Lalu, apa saja pelajaran yang bisa diambil dari serial ini? Berikut selengkapnya.

Persahabatan itu suci

Anne merupakan orang yang sangat mementingkan suatu hubungan, baik itu romantis, berbakti, ataupun platonis. Persahabatan dengan Diana tampaknya menjadi hubungan yang paling dihargai, di mana dia bisa menjadi dirinya sendiri tanpa mencoba menjadi orang lain untuk menyenangkan teman-temannya.

Meskipun saat awal teman-teman sekelas tidak yakin dengan Anne, namun ia tetap berusaha membantu mereka sebaik mungkin. Hubungan terbaik mungkin adalah hubungan antara Diana, Cole, dan Nona Josephine. Melalui setiap hubungan, Anne menunjukkan kepada penonton bagaimana hidup bisa lebih berharga dengan orang-orang yang tepat di sekitarnya.

Imajinasi tanpa batas

Saat masih tinggal di panti asuhan, Anne sering kali diolok oleh anak-anak lain karena imajinasinya. Namun berkat imajinasinya itu, hidup Anne tidak pernah terlihat membosankan. Ia bahkan mengubah hal-hal duniawi menjadi sebuah eksplorasi yang kreatif.

Di masa masa sulit, Anne menggunakan imajinasi yang dapat menghasilkan beberapa penemuan dan ide. Hasil terbaik dari imajinasi Anne yang terus berkembang adalah persembunyian rahasia di hutan, kehidupan Putri Cordelia, dan awal persahabatannya dengan Diana.

Cantik bukan soal rambut indah

Penampilan Anne sangat ikonik dengan rambut pirang yang seringkali membuatnya kesal. Dia pernah mencoba mewarnai rambut dengan warna yang lebih gelap dan mengurangi intensitas warna dengan menggunakan ikat rambut pita. Namun, seiring berjalannya waktu, Anne lebih fokus dengan orang-orang di sekitar dia dan mulai melupakan penampilannya.

Pengembangan karakter seperti ini melahirkan gagasan bahwa kehadiran diri lebih penting daripada mencoba menyesuaikan diri menjadi orang yang sempurna. Anne selalu ada untuk teman-temannya dan orang-orang yang ia cintai. Dan keinginannya untuk tampil dengan cara tertentu agar diterima orang, perlahan memudar.

Menjadi baik tanpa pamrih

Bahkan ketika di titik tersulit, Anne berusaha baik kepada semua orang. Tentu saja ada kalanya ia gagal, seperti ketia dia menghindari Gilbert agar Ruby tidak sedih. Ia tidak sengaja bersikap jahat kepada Gilbert yang menyukainya, namun Anne tidak bermaksud demikian.

Dia terus menerus berusaha untuk ramah dan baik kepada orang-orang tanpa mengharapkan balasan. Kebaikan Anne menunjukkan karakter yang hebat dan cukup mengharukan untuk ditonton.

Hidup adalah soal belajar

Dalam setiap langkah Anne, selalu ada pengetahuan baru yang ia dapat, seperti membaca tentang sifat-sifat emas asli atau sekadar membaca literatur klasik. Anne selalu ingin membagikan pengetahuan yang didapat kepada orang lain. Dia menunjukkan kepada penonton manfaat dari selalu ingin belajar dan salah satunya adalah terhubung dengan banyak orang.

Niat yang bulat tidak menjamin hasil

Dalam melakukan sesuatu, Anne selalu mengawali dengan niat 99%. Ia selalu bersemangat dalam melakukan hal yang hasilnya terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contoh, ketika dia berpura-pura menjadi Matthew saat menulis surat untuk Jeannie.

Anne hanya ingin Jeannie bahagia, dan dia pikir romansa seperti itu akan mencerahkan hari-harinya. Namun, Matthew sangat kesal ketika mengetahuinya dan permintaan maaf Anne tidak dapat mengobati rasa sakit yang Matthew rasakan saat itu. Ini adalah pelajaran di mana niat bukanlah aspek terpenting dari sebuah hasil.

Jika terlihat mencurigakan, cek lagi

Anne memiliki insting yang sangat bagus. Terkadang ia tidak benar-benar tahu mengapa ia merasakan hal tertentu. Namun, tidak jarang juga ia mengabaikannya. Karakter Anne menunjukkan efek negatif dari mengabaikan perasaan kecil yang mengganggu ketika ada sesuatu yang salah. Seperti saat dua penipu ulung singgah di rumah Anne. Gadis ini seringkali menyaksikan kejanggalan dari kedua laki-laki tersebut.

Namun ketika Anne sudah mengumpulkan keberanian untuk mengungkapkan hal yang dirasakan, orang dewasa tidak mendengarkan. Dan Anne malah memilih untuk berhenti sampai di situ, hingga seisi kota akhirnya benar-benar ditipu.

Have your own back!

Terlepas dari membela teman dan keluarga, Anne sering kali harus membela diri sendiri. Itu adalah proses pengembangan karakter yang hebat, di mana Anne memiliki masa kelam yang diintimidasi dan disiksa oleh anak-anak lain di panti asuhan.

Dia terus menerus membela diri dari orang-orang yang mempertanyakan latar belakang, mengolok-olok penampilan, dan yang salah paham dengan dirinya. Karakter Anne yang berani dan berkembang itu membuat serial menjadi semakin menarik untuk ditonton.

Hal buruk akan berlalu

Anne berjuang sepanjang masa kecil di panti asuhan. Terlepas dari kesulitannya, ia menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dia adalah contoh nyata dari pepatah, “Ada cahaya di ujung terowongan.”

Menyaksikan Anne mengatasi banyak kesulitan juga merupakan pengingat yang bagus bahwa tidak ada yang bertahan selamanya, termasuk masa-masa sulit. Banyak hal selalu berubah di dunia Anne, dan dia menemukan cara dalam memanfaatkannya sebaik mungkin.

Share
×
tekid
back to top