sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Sabtu, 17 Des 2022 12:05 WIB

Mitos dan keajaiban yang ada di Avatar: The Way of Water

Sekuel dari film sukses James Cameron Avatar, dikemas dengan pembangunan dunia yang kaya, budaya Na'vi, dan lebih banyak lagi tentang dewi misterius Eywa.

Mitos dan keajaiban yang ada di Avatar: The Way of Water

Terminologi dan mitologi di dunia Pandora terasa luar biasa karena segala sesuatunya, mulai dari bahasa hingga makhluk, sangat berbeda dari apapun yang pernah kita lihat sebelumnya. 

Sekuel dari film sukses James Cameron Avatar, dikemas dengan pembangunan dunia yang kaya, budaya Na'vi, dan lebih banyak lagi tentang dewi misterius Eywa. Avatar: The Way of Water berhasil memperluas dunia yang menjadi dasar Avatar dan bahkan memperkenalkan beberapa konsep baru di sepanjang cerita.

Banyak hal yang harus diikuti oleh penonton karena Jake dan kawan-kawan menjelajahi lebih banyak Pandora di film baru. Namun, detail yang rumit menambah realisme film dengan cara yang indah dan rumit sehingga membuat film terasa lebih ajaib. 

Untuk itu, berikut adalah uraian dari semua istilah, mitos, dan aspek lain dari dunia yang diciptakan oleh Cameron.

Lokasi

Sementara banyak orang menganggap dunia Avatar hanya ada di Pandora, ada lebih banyak lokasi di planet tersebut yang bisa dijelajahi. The Way of Water berlangsung di Pandora, sebuah bulan planet ekstrasurya yang terletak di sistem Alpha Centauri. 

Atmosfer di planet tersebut adalah campuran gabungan dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, metana, xeon, amonia, dan hidrogen sulfat. Itu sebabnya, manusia harus memakai Exo-Pack yang menutupi seluruh wajah mereka saat berada di Pandora. 

Sementara itu, Na'vi membutuhkan kombinasi itu untuk bertahan hidup dan harus memiliki versi Exo-Pack yang lebih kecil saat mereka berada di dalam ruangan dengan udara yang aman untuk dihirup manusia.

Bahasa Na'vi

Bahasa Na'vi sebenarnya adalah bahasa maju yang sekaya dan serumit bahasa apapun yang mungkin ditemukan di dunia nyata. Dilansir dari ScreenRant (17/12), frasa yang umum didengar dalam The Way of Water meliputi:

  • kaltxì = Halo
  • ngaru lu fpom srak = Apa kabar? (terjemahan yang lebih literal adalah "Apakah Anda memiliki kedamaian?")
  • oel ngati kameie = Aku melihatmu

Yang terakhir, "oel ngati kameie", adalah sapaan Na'vi yang umum terdengar berkali-kali sepanjang film. Toruk Makto juga merupakan nama yang diberikan kepada Jake Sully yang diterjemahkan menjadi Rider of the Last Shadow. 

Last Shadow adalah julukan yang diberikan Na'vi kepada makhluk terbang besar yang terlihat terbang bersama klan Omaticaya. Jake sendiri merupakan manusia/Avatar pertama yang dapat terikat dan menerbangkan binatang tersebut.

Tsaheylu

Tsaheylu adalah ikatan Na'vi dengan makhluk di Pandora. Semua Na'vi memiliki kepang panjang dengan sulur kecil di ujungnya yang sering digunakan untuk mengikat berbagai makhluk dan organisme hidup di sepanjang film. 

Di Pandora, makhluk tidak dijinakkan melainkan melalui proses Tsaheylu. Ini memungkinkan mereka bekerja sama untuk mencapai sesuatu seperti ketika Jake menerbangkan Last Shadow.

Makhluk 

Pandora memiliki ekosistem makhluk yang kaya, yang dipamerkan Cameron dengan cara yang sangat indah di sepanjang film. Salah satu makhluk yang paling banyak ditampilkan adalah Tulkun, makhluk mirip paus besar, yang dinyatakan memiliki kecerdasan dan kapasitas emosional di atas rata-rata. 

Makhluk lain yang terlihat di The Way of Water dikenal sebagai Skimwing, bisa berenang dan juga terbang. Klan Metkayina menggunakan Tsaheylu untuk terikat dengan makhluk-makhluk ini untuk menunggangi mereka dan berkeliling.

Eywa

Eywa lebih banyak dijelaskan di The Way of Water, meskipun tidak pernah benar-benar muncul. Eywa dikenal sebagai All-Mother, atau lebih tepatnya seorang dewi, yang merupakan cahaya penuntun bagi semua orang Na'vi. Saat orang Na'vi melakukan Tsaheylu terkadang hal itu bisa menghubungkan mereka dengan Eywa terutama saat dilakukan di Tree of Souls.

Na'vi percaya bahwa semua energi bersifat sementara dan semua makhluk hidup hanya meminjamnya. Suatu hari, energi itu harus dikembalikan ke Eywa, sebagaimana ditampilkan pada adegan akhir Avatar: The Way of Water saat pemakaman Neteyam.

Eywa menyimpan semua jiwa di bank memori, sering disebut sebagai Memory Tree. Pohon ini terlihat di film pertama dan merupakan pohon suci yang dilindungi oleh semua bangsa Na'vi dari RDA. 

Di akhir The Way of Water, Jake menggunakan Tsaheylu dan Eywa untuk menghubungkannya dengan Neteyam. Dia kemudian dapat melihat dan berinteraksi dengan anak sulungnya dalam ingatan mereka.

Avatar: The Way of Water sudah tayang di bioskop.

Share
×
tekid
back to top