sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Jumat, 31 Des 2021 10:25 WIB

Kenapa Paman Ben dihilangkan di 3 film Spider-Man versi MCU?

Tony Stark dan Bibi May mengambil alih peran Paman Ben untuk Peter Parker dalam versi film-film MCU.

Kenapa Paman Ben dihilangkan di 3 film Spider-Man versi MCU?

Penulis Spider-Man: No Way Home Chris McKenna dan Erik Sommers mengklarifikasi tentang Paman Ben di Marvel Cinematic Universe. Pasangan penulis skenario ini sudah menulis tiga film dalam trilogi Spider-Man MCU dari Homecoming hingga No Way Home. Namun, satu tokoh yang tidak pernah diungkap dalam versi MCU, yakni Paman Ben.

Paman dari Peter Parker ini menjadi tokoh sentral sekaligus mentor Peter Parker di film-film awal Spider-Man besutan Sam Raimi dan Marc Webb. Diperankan oleh Cliff Robertson dalam Spider-Man (2002), Ben dibunuh oleh seorang pembajak mobil yang ternyata adalah pencuri yang Peter (Tobey Maguire) hiraukan dan membuatnya diliputi rasa bersalah. 

Sedangkan Paman Ben di The Amazing Spider-Man diperankan oleh Martin Sheen yang mengalami nasib yang sama, saat ia ditembak dan dibunuh oleh seorang pencuri yang Peter (Andrew Garfield) lepaskan dari sebuah toko. 

Namun, MCU menghilangkan karakter Uncle Ben sejak awal film Spider-Man: Homecoming dan membuat para penggemar bertanya-tanya ke mana perginya mentor utama Peter Parker tersebut.

Selama wawancara dengan THR (31/12), McKenna dan Sommers akhirnya mengklarifikasi posisi Uncle Ben di MCU. McKenna mengatakan mereka mendiskusikan banyak skenario berbeda saat menulis naskah, meskipun akhirnya memutuskan May menjadi mentor Peter.

“Beberapa orang (bertanya), 'Oh, apakah Paman Ben meninggal? Apakah dia bersalah (atas kematian Ben)? Apakah kita kehilangan gravitas itu sebagai bagian dari karakter itu?' Saya pikir itu adalah sesuatu yang selalu kami diskusikan. 'Apa masalahnya dengan Paman Ben-nya? Apakah ini persamaan total—apakah itu satu lawan satu? Apakah benar-benar sama?' Kami mulai berpikir, yah, mungkin tidak. Mungkin mentornya adalah May dan dia menanamkan hal ini dalam dirinya," ungkap McKenna.

Peter Parker di MCU memiliki mentor yang berbeda, dimulai dari Tony Stark (Robert Downey Jr.) di Captain America: Civil War dan Spider-Man: Homecoming. Namun setelah kematian Iron Man, Bibi May tampak mengambil alih peran mentor tersebut. Ia bahkan juga menyebutkan kalimat ikonik Uncle Ben sebelum kematiannya, “Dengan kekuatan besar, datang tanggung jawab besar."

Di samping itu, karena kematian Paman Ben sudah digambarkan 2x dalam film Raimi dan Webb, mungkin yang terbaik bagi MCU adalah tidak mengulanginya, melainkan memberikan dialog ikonik dari peran tersebut kepada Bibi May.

Share
×
tekid
back to top