sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Sabtu, 11 Sep 2021 12:02 WIB

5 film animasi yang pantas dapat nominasi Academy Awards

Academy Awards banyak dikritik karena tidak kompeten dalam memberikan nominasi kepada film-film animasi.

5 film animasi yang pantas dapat nominasi Academy Awards
Credit: Disney

Academy Awards adalah penghargaan terbesar bagi sebuah film, tetapi kategori untuk film animasi baru diakui oleh ajang penghargaan itu beberapa dekade terakhir. Film animasi terbaik baru ada pada Academy Awards 2002 dan hanya terdiri dari tiga nominasi. Meskipun kategori tersebut mulai menominasikan lebih banyak film pada tahun-tahun selanjutnya, namun masih menyisakan beberapa film yang layak mendapatkan nominasi.

Dilansir dari ScreenRant (6/9), pemilihan film untuk kategori Film Animasi Terbaik juga belum merata. Pemilih Academy secara teratur memilih jenis film yang sama dan banyak penggemar animasi secara vokal mengeluhkan hal ini. Banyak dari mereka juga yang menyebutkan film animasi apa saja yang pantas dinominasikan dengan pendapat kuat masing-masing. Nah, berikut ini rangkuman dari beberapa film animasi yang seharusnya layak menerima penghargaan di Academy Awards.

  • The Wild Thornberrys Movie (2002)

The Wild Thornberrys Movie dilupakan sepanjang tahun kedua Academy Awards menghadirkan kategori Film Animasi Terbaik. Film yang diadaptasi dari serial animasi Nickelodeon dengan judul yang sama, mengikuti kisah Eliza Thornberry yang bertekad untuk menyelamatkan kawanan gajah dari sekelompok pemburu. 

Film ini dipuji oleh kritikus dan penggemar, karena banyak cerita yang menunjukkan perjalanan emosional yang menyentuh hati. Meski tidak dinominasikan untuk film terbaik, tapi The Wild Thornberrys Movie menerima nominasi untuk Lagu Asli Terbaik.

  • The Polar Express (2004)

Terinspirasi dari buku anak-anak dengan judul yang sama, The Polar Express berpusat pada seorang anak laki-laki muda skeptis yang mendapatkan kesempatan untuk mengendarai Polar Express legendaris pada malam natal untuk mengunjungi Sinterklas. Sepanjang jalan, ia bertemu dengan penumpang muda lainnya sambil mempelajari keajaiban Natal yang sebenarnya.

Ketika berbicara tentang film Natal klasik, The Polar Express berada di urutan teratas dari daftar banyak orang. Namun, tidak bagi Academy Awards 2005 yang tidak memasukkan dalam nominasi film animasi terbaik.  Meskipun film-film Natal jarang dinominasikan, namun ini adalah film digital pertama, yang seharusnya patut mendapatkan nominasi atas kemajuan teknologinya.

  • Tangled (2010)

Film Disney Tangled ini bercerita tentang Rapunzel, seorang putri yang hilang dan tinggal di atas menara. Tidak dapat disangkal, film ini menampilkan animasi yang indah, tetapi Academy tidak terlalu tertarik pada gaya animasi Tangled, dan dengan demikian menominasikan film dengan gaya animasi yang lebih tradisional pada saat itu.

Tangle membuat sejarah ketika pertama kali dirilis pada 2010, menjadi film animasi pertama yang memadukan animasi komputer dengan animasi tradisional. Meskipun karya ini tidak membuat pencipta mendapatkan penghargaan Academy Awards, tetapi film memangku gelar film animasi paling mahal yang pernah dibuat, selama lebih dari satu dekade.

  • Hotel Transylvania

Salah satu film terlaris Adam Sandler tidak lain adalah animasi Hotel Transylvania (2012). Film ini berpusat di hotel Dracula bagi para monster. Suatu hari, tanpa sadar seorang manusia masuk ke hotel tersebut dan akhirnya jatuh cinta dengan Mavis, putri Dracula.

Sayangnya, Academy menolak Hotel Transylvania meskipun film tersebut dinominasikan untuk Golden Globe. Banyak penggemar dan kritikus menganggap cerita itu lucu dan menyentuh hati dengan animasi yang indah. 

  • The Secret Life of Pets (2016)

Illumination Entertainment jarang mendapat pujian yang layak dari Academy Awards. Banyak yang berharap hal ini dapat berubah dengan dirilisnya The Secret Life of Pets, sebuah film yang mengikuti sekelompok hewan peliharaan dalam perjalanan epik di kota ketika pemilik mereka pergi. Terlepas dari itu, film meluncurkan waralaba yang sukses dan merupakan salah satu film terlaris pada 2016.

Share
×
img
×
tekid
back to top