sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 09 Des 2021 12:33 WIB

5 fakta kontroversi drakor Snowdrop yang dibintangi Jisoo Blackpink

Sejak 18 Agustus 2020, produksi drama Snowdrop yang akan diperankan oleh Jung Hae In dan Jisoo Blackpink sudah diumumkan ke publik. Namun proses pembuatan drama ini sempat berhenti.

5 fakta kontroversi drakor Snowdrop yang dibintangi Jisoo Blackpink
Source: Instagram JTBC

Debut drama Jisoo Blackpink, Snowdrop rencananya akan tayang perdana di chanel JTBC, dan juga Disney+ Hotstar pada 18 Desember 2021. Snowdrop digarap langsung oleh sutradara Jo Hyun Tak dan penulis Yoo Hyun Mi, yang keduanya merupakan pencetus drama Korea terkenal SKY Castle.

Sejak 18 Agustus 2020, produksi drama Snowdrop yang akan diperankan oleh Jung Hae In dan Jisoo Blackpink sudah diumumkan ke publik. Namun, lika-liku proses pembuatan drama ini sempat berhenti, karena diduga bertentangan dengan sejarah Korea. Selengkapnya, berikut Tek.id rangkum 5 kontroversi drama Korea Snowdrop.

1. Distorsi sejarah Korea

Berawal dari drama Joseon Exorcist yang dituding ceritanya mendistorsi sejarah Korea, Snowdrop juga terdampak isu tersebut gara-gara memiliki latar cerita tahun 1987. Tahun 1987 adalah masa perjuangan gerakan demokrasi populer Korea Selatan yang mengarah pada pembentukan republik saat ini. Badan Perencanaan Keamanan Nasional (NSP) saat itu dibentuk sebagai bagian dari rezim otoriter.

2. Muncul petisi di kantor kepresidenan Republik Korea Selatan 

Pada 26 Maret 2021 muncul petisi di situs kantor presiden Korea Selatan, Blue House agar syuting Snowdrop dihentikan. Tidak terungkap identitas jelas siapa pembuat petisi itu. Namun, JTBC sempat memberikan penjelasan pada hari yang sama bahwa rumor itu tidak benar dan merupakan spekulasi sepihak yang berasal dari sinopsis yang belum rampung dan beredar tidak resmi. 

Dalam tenggat waktu satu bulan petisi itu mendapat sekitar 220.000 tanda tangan. Akan tetapi, petisi tersebut dapat ditandatangani warga asing non-Korea asalkan memiliki akun Facebook, KakaoTalk, Naver, atau Twitter. Dengan jumlah tanda tangan tersebut, Moon Jae-in, Presiden Korea Selatan harus turun tangan untuk menanggapi isu yang dilaporkan. 

3. Dapat izin tayang dengan pengawasan Blue House

Blue House menyatakan Snowdrop bukanlah drama yang memperolok gerakan demokrasi atau meromantisasi mata-mata Korea Utara. Pemerintah saat itu juga belum bisa bertindak karena drama masih dalam proses produksi dan menghormati hak tertulis perihal kebebasan dan mengekspresikan kreativitas warga. 

Snowdrop akan tetap tayang, tetapi Blue House menyatakan akan mengawasi dan mengambil tindakan hukum jika plotnya sangat mendistorsi sejarah pada saat penayangan. Dilansir dari Koreaboo, Blue House merilis pernyataan bahwa kontroversi drama ini terjadi akibat sinopsis dan pengenalan karakter yang belum lengkap. Hal tersebut akhirnya menyebabkan kesalahan informasi.

Kontroversi drakor Snowdrop yang dibintangi Jisoo Blackpink

4. JTBC mengubah nama karakter Jisoo Blackpink

Nama karakter Jisoo Blackpink, Eun Young Cho banyak mendapatkan kritikan karena memiliki nama yang berhubungan dengan aktivis pro-demokrasi kehidupan nyata, Chun Young Cho. Walaupun sudah melakukan klarifikasi berkali-kali bahwa nama tersebut tidak berhubungan, akhirnya JTBC mengubah nama protagonis wanita tersebut menjadi Eun Young Ro.

5. Alur cerita yang menarik dan bertabur bintang terkenal

Snowdrop berkisah tentang kisah cinta antara dua mahasiswa bernama Im Soo Ho (Jung Hae In) dan Eun Young Ro (Jisoo Blackpink). Im Soo Ho adalah mahasiswa pascasarjana di universitas bergengsi yang memiliki darah Korea-Jerman. Sedangkan Eun Young Ro merupakan mahasiswa tingkat satu jurusan sastra Inggris di Universitas Wanita Hosoo. 

Pada suatu hari Im Soo Ho yang berpartisipasi dalam protes pro-demokrasi ditemukan berlumuran darah dan bersembunyi di universitas khusus perempuan. Setelah itu, ia ditemukan oleh Eun Young Ro dan membantu menyembunyikan Soo Ho dari pemerintah. 

Selain Jung Hae-in dan Jisoo Blackpink, Snowdrop juga dibintangi oleh beberapa pemain lain seperti Yoo In-na, Jang Seung-jo, Yoon Se-ah, Kim Hye-yoon, dan Jung Yoo-jin.

Share
×
tekid
back to top