YouTube luncurkan fitur handle untuk permudah interaksi

Oleh: Litalia Putri - Selasa, 11 Okt 2022 18:50 WIB

Format @namapengguna bisa digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan orang lain di dalam platform YouTube.

YouTube bakal mempermudah semua pengguna mengidentifikasi diri mereka untuk mengarahkan lebih banyak penonton ke saluran yang dimiliki. Perusahaan dilaporkan telah mengumumkan fitur handle yang akan dipakai di seluruh platform. 

Lewat fitur baru handle, pengguna aplikasi YouTube dimungkinkan untuk berinteraksi dengan memakai format @namapengguna. Ini bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan penonton di YouTube Shorts, halaman saluran (channel), deskripsi video hingga komentar. 

Aturan baru dari YouTube bakal tersedia untuk semua akun yang berada di aplikasi streaming media tersebut. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memenuhi persyaratan tertentu agar bisa menikmati fitur baru di YouTube ini. 

“Anda tidak perlu memiliki akun dengan syarat tertentu atau jumlah pelanggan untuk mengklaim @ unik Anda sendiri,” ujar juru bicara YouTube, dikutip dari TechCrunch (11/10). 

Sebelumnya, YouTube diketahui hanya menawarkan dukungan terbatas untuk format tersebut. Perusahaan hanya menghadirkan format ‘@’ untuk memungkinkan kreator konten menyebut channel mereka di dalam judul dan deskripsi video dan menyebut akun pengguna lewat fitur Live Chat di YouTube.