Meta hentikan dukungan Instant Article di Facebook pada April 2023

Oleh: Litalia Putri - Minggu, 16 Okt 2022 14:04 WIB

Dukungan format Artikel Instan di Facebook ini pertama kali dihadirkan perusahaan pada tahun 2015 silam.

Meta akan mengakhiri dukungan untuk layanan artikel instan pada platform Facebook pada pertengahan April 2023. Hal tersebut tampaknya dilakukan perusahaan milik Mark Zuckerberg itu karena sudah tidak sesuai dengan preferensi pengguna media sosial masa kini. 

Dukungan format Artikel Instan ini pertama kali hadir di layanan aplikasi Facebook tahun 2015 silam. Kala itu, kehadiran Artikel Instan ini ditujukan untuk membantu artikel berita supaya lebih cepat dimuat di perangkat seluler. 

Namun, perusahaan media sosial itu dikatakan tengah merestrukturisasi dan mengarahkan lebih banyak sumber daya ke produk yang disukai pengguna sekarang. Ini termasuk fitur yang berfokus pada video seperti Reels. 

"Saat ini, kurang dari 3% apa yang dilihat orang di seluruh dunia melalui Feed Facebook adalah unggahan dengan tautan ke artikel berita," ujar juru bicara Meta, dikutip dari Engadget (16/10). 

Menurut juru bicara Meta, sebagai tujuan dari bisnis, perusahaan akan lebih mementingkan fitur yang sesuai dengan preferensi pengguna. Dengan kata lain, investasi di bagian yang sudah tidak diperhitungkan pengguna saat ini, seperti dukungan format Artikel Instan, akan dikurangi atau dihentikan.