Cara melihat password Wi-Fi tersimpan di beragam perangkat

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 18 Jan 2020 10:01 WIB

Terkadang kita ingin melihat password Wi-Fi di suatu perangkat yang sudah terkoneksi sebelumnya untuk menghubungkannya ke perangkat lain, seperti ponsel. Ini caranya.

Source: Pexels

Terkadang kita memerlukan password Wi-Fi yang telah terhubung ke laptop. Hal ini kebanyakan terjadi jika kita ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi tersebut untuk ponsel yang belum dimasukkan password sebelumnya. Skenario ini dapat dilakukan dengan cara berikut dengan sebagaimana dilansir PCMag.

Windows

Melihat password Wi-Fi yang telah terhubung di komputer berbasis Windows cukup mudah. Klik Start di pojok kiri bawah dan cari “Network Status”, kemudian klik tombol Change Adapter Options yang muncul di menu pengaturan. Jika kamu pengguna Windows 7, buka Control Panel lalu pergi ke Network and Internet > Network Connections).

Klik kanan pada adaptor Wi-Fi komputer, pilih Status > Wireless Properties. Di bawah tab Security, akan ada kotak password dengan titik-titik di dalamnya – klik kotak Show Characters untuk melihat password. Jika kamu mencoba melihat password untuk jaringan yang saat ini tidak terhubung, dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Magical Jellybean Wi-Fi Password Revealer, yang akan menampilkan password dari semua jaringan tersimpan sebelumnya.

Jika kamu memilih untuk tidak mengistal software tambahan, dapat menemukan password dari Windows Command Prompt. Buka Start Menu, cari “Command Prompt”, dan klik kanan untuk Run As Administrator. Kemudian jalankan perintah berikut untuk melihat jaringan Wi-Fi tersimpan: