Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 17 Sep 2019 08:22 WIB

Memiliki kelebihan di bidang menghandle jaringan yang padat dan kecepatan tinggi, perangkat dengan Wi-Fi 6 segera akan banyak beredar di pasaran.

Ilustrasi WiFi Pixabay

Wi-Fi Alliance dikabarkan akan segera mempercepat kehadiran generasi selanjutnya dari jaringan nirkabel, yakni Wi-Fi 6. Diketahui, keberadaan dari Wi-Fi 6 sebenarnya sudah ada semenjak pertengahan tahun 2018 silam.

Wi-Fi 6 mencakup banyak teknologi baru yang digabungkan untuk membuat teknologi Wi-Fi jauh lebih efisien. Hal ini sangat penting karena saat ini semakin banyak orang, terutama di rumah yang bergantung dengan jaringan Wi-Fi.

"Skenario di dalam rumah pada saat ini terlihat seperti penyebaran padat," kata Kevin Robinson, pemimpin pemasaran untuk Wi-Fi Alliance seperti dikutip dari laman The Verge (17/9/2019).

Tujuan utama dari Wi-Fi 6 adalah untuk meningkatkan kecepatan dalam jaringan yang padat. Kecepatan maksimum teoritis untuk Wi-Fi juga meningkat dari Wi-Fi sebelumnya, yakni dari 3,5Gbps menjadi 9,6Gbps. 

Namun, angka tersebut tidak terlalu penting untuk para pengguna rumahan. Hal ini dikarenakan jarang sekali sebuah keluarga memiliki perangkat yang membutuhkan kecepatan internet di angka tersebut. Yang terpenting adalah Wi-Fi 6 memiliki banyak alat yang memungkinkannya untuk beroperasi lebih cepat dan mengirimkan lebih banyak data sekaligus, sehingga kecepatan yang Anda dapatkan akan lebih tinggi dari sebelumnya.