sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 06 Okt 2022 18:20 WIB

WhatsApp siapkan fitur untuk cegah screenshot pesan 'View Once'

WhatsApp terus memperbarui langkah mereka untuk menghadirkan keamanan dan privasi pengguna yang lebih baik.

WhatsApp siapkan fitur untuk cegah screenshot pesan 'View Once'
Ilustrasi: Pixabay

Demi meningkatkan keamanan dalam aplikasi perpesanan mereka, WhatsApp kini mulai menguji fitur terbaru yang diklaim mampu mencegah pengguna melakukan screenshot atau tangkapan layar. Hal ini dilakukan perusahaan untuk memastikan perlindungan data pribadi yang lebih baik pada pengguna layanan aplikasi mereka. 
    
Langkah yang sudah diterapkan WhatsApp untuk mencegah informasi atau gambar pribadi direkam oleh pengguna lain memang sudah tersedia pada fitur pesan ‘Lihat Sekali/View Once’. Fitur pesan yang telah diluncurkan perusahaan pada 2021 ini hanya bisa dilihat satu kali oleh penerima sebelum menghilang. 

Meski dirilis untuk meningkatkan keamanan dan privasi di aplikasi perpesanan milik Meta itu, kala itu pengguna masih bisa mengambil tangkapan layar dengan mudah untuk fitur pesan ‘Lihat Sekali/View Once’. Setahun setelah peluncuran fitur, akhirnya kini WhatsApp memperbarui kelemahan yang ada di fitur itu. 

Informasi terkait pembaruan fitur keamanan ini telah diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg pada Agustus lalu. Opsi pemblokiran tangkapan layar mulai muncul pada pengujian beta aplikasi versi 2.22.22.3 WhatsApp di Android.

 

Lebih lanjut, pemblokiran opsi screenshot pada aplikasi WhatsApp pertama kali diungkap oleh WABetaInfo. Berdasarkan laporan tersebut, WhatsApp akan menampilkan peringatan ketika ada pengguna yang mencoba melakukan tangkapan layar di fitur pesan ‘Lihat Sekali/View Once’. 

“Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena kebijakan keamanan,” bunyi pemberitahuan WhatsApp, dikutip dari Gizchina (6/10). 

Sementara itu, pengguna yang mencoba mengatasi masalah pemblokiran screenshot dengan memakai aplikasi pihak ketiga dilaporkan juga tidak berhasil mendapatkan solusi. Pasalnya, hasil tangkapan layar yang diambil hanya berupa layar hitam. 

Sayangnya, belum ada tanggal resmi kapan fitur ini akan diluncurkan WhatsApp ke seluruh pengguna aplikasi perpesanan mereka. Untuk menjaga privasi pengguna, WhatsApp juga tidak akan memberitahu pengirim pesan ‘Lihat Sekali/View Once’ terkait siapa yang mencoba mengambil tangkapan layar dari pesan tersebut. 
 

Share
×
tekid
back to top