Western Digital tutup pabrik HDD

Western Digital menutup salah satu dari tiga pabrik hard drive mekanisnya di Petaling Jaya, Kuala Lumpur.

Western Digital tutup pabrik HDD Source: Wall Street Journal

Western Digital dikabarkan akan menutup salah satu dari tiga pabrik hard drive mekanisnya. Dilansir dari PC Gamer (19/7), Pabrik seluas 1 juta kaki persegi ini diketahui berada di Petaling Jaya, dekat ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Pabrik ini menjadi terbesar kedua dari tiga pabrik HDD WD, selain kedua pabriknya yang berada di Taiwan.

"Industri teknologi data sedang mengalami perubahan substansial. Transformasi pasar ini mendorong peningkatan adopsi SSD dan memori NAND Flash dalam aplikasi HDD tradisional. Perubahan ini telah berkontribusi terhadap pertumbuhan SSD dan menurunnya permintaan jangka panjang untuk HDD," kata WD.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

WD perkenalkan SSD baru, ditujukan untuk Workstation

Pengguna smartphone Indonesia hadapi ancaman kehilangan data

Tips cara pasang HDD dan SSD di komputer Anda


Sebenarnya, harga SSD telah mengalami penurunan cukup besar selama setahun terakhir ini. Sementara HDD masih menawarkan ruang penyimpanan lebih besar per dollar-nya, SSD cukup kompetitif sehingga mampu menghadirkan transisi penyimpanan yang lebih cepat. Pengoperasian lebih besar juga menghadirkan manfaat karena memiliki efisiensi daya lebih rendah.

Selain itu, hal ini bukan menjadi pertama kalinya untuk WD menonaktifkan pabrik HDD. Dua tahun yang lalu mereka menutup sebuah pabrik yang dioperasikan oleh HGST. Sementara itu, WD juga mengatakan bahwa mereka sedang dalam tahap akhir dari pengembangan fasilitas SSD kedua di Penang, dan berencana memulai memproduksi SSD dalam beberapa bulan mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: