Unduhan Tik Tok kalahkan Facebook dan Youtube

Berdasarkan data firma intelijen aplikasi Sensor Tower, jumlah instal Tik Tok lebih tinggi dibanding Facebook, Instagram, Snapchat dan Youtube di AS.

Unduhan Tik Tok kalahkan Facebook dan Youtube (Foto: Weibo)

Tik Tok telah menjadi aplikasi yang populer di kalangan remaja, khususnya di wilayah Asia. Berkat merger dengan Musical.ly, aplikasi besutan ByteDance itu mendulang hasil signifikan di Amerika Serikat (AS). Kini gabungan dari kedua aplikasi itu membuat perusahaan mampu melampaui Facebook, Instagram, Youtube dan Snapchat.

Ini merupakan pertama kalinya Tik Tok menuai jumlah unduhan tertinggi pada September lalu. Berdasarkan data firma intelijen aplikasi Sensor Tower, jumlah instal Tik Tok lebih tinggi dibanding Facebook, Instagram, Snapchat dan Youtube di AS.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Jumlah korban aplikasi pelacak di Android meningkat 35% 

Sejumlah konten baru segera tayang di Hooq

25 aplikasi malware kembali ditemukan di Play Store, hapus saat ini juga!


Tik Tok melampaui empat aplikasi besar iru dalam hal unduhan harian pada 29 September dimana 29,7 persen unduhan mengalir pada aplikasi asal China itu. Sejak saat itu, pangsa pasar Tik Tok terus meningkat hingga mencapai 42,4 persen unduhan pada 30 OKtober lalu. 

September lalu, jumlah install Tik Tok tumbuh sekitar 31 persen dibanding bulan sebelumnya. Total unduhannya kala itu mencapai total sekitar 3,81 juta di App Store dan Google Play. Jumlah itu mengalahkan Facebook yang telah ter-install 3,53 juta kali.

Menurut firma itu, pemasangan aplikasi Tik Tok di AS naik 237 persen dibanding Oktober 2017, yaitu sebesar 1,13 juta. Peningkatannya memang terbilang dinamis. Terkadang Tik Tok berada di posisi tertinggi, namun terkadang di posisi lain. Dilansir TechCrunch (11/4), Tik Tok juga sempat menjadi aplikasi gratis teratas, sebagaimana disebut App Annie.

Periset aplikasi Apptopia juga melaporkan hal serupa dimana Tik Tok pamornya meningkat signifikan. Namun Apptopia mencatat bahwa rasio keterlibatan aplikasi masih kuat dimiliki oleh aplikasi lain. Menurut Apptopia, Tik Tok hanya memiliki tingkat keterlibatan 29 persen, dibanding Facebook 96 persen, dan 95 persen untuk Instagram, Youtube maupun Snapchat.

Firma itu juga menunjukkan bahwa sebagian besar keuntungan aplikasi berasal dari peningkatan belanja iklan di Facebook, platform iklan mobile Google AdMob dan lainnya. Sementara keuntungan lainnya dihasilkan berkat merger.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: