sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Senin, 30 Mar 2020 18:33 WIB

Tri uji kebutuhan bandwidth pada empat aplikasi telekonferensi

Tri Indonesia melakukan pengujian pada empat aplikasi telekonferensi, yaitu Google Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype untuk mengetahui besaran bandwidth yang dibutuhkan tiap aplikasi.

Tri uji kebutuhan bandwidth pada empat aplikasi telekonferensi
Source: Tek.id

Belakangan ini kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi telekonferensi yang digunakan untuk memenuhin imbauan pemerintah agar bekerja dan belajar dari rumah. Secara tidak langsung, masyarakat tengah membandingkan performa aplikasi-aplikasi seperti Google Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype. Namun di samping fitur yang ditawarkan, siapakah yang paling hemat data?

Selama dua pekan ini, Tim teknis Tri Indonesia telah memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil. Mereka melakukan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi populer paling banyak digunakan di jaringan Tri serta dapat diakses secara gratis di Indonesia untuk mengetahui besaran bandwidth yang dibutuhkan setiap aplikasi. Pengujian menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

“Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis Tri Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil,” kata Desmond Cheung, Chief Technical Officer Tri Indonesia.

Hasil pengujian menunjukkan kebutuhan bandwidth tiap aplikasi. Bandwith yang kecil berarti hanya menguras data sedikit, sedangkan bandwidth besar menguras banyak data atau pemborosan data. Dari grafik yang ditunjukkan Tri, Webex lah yang paling banyak menguras data. Sementara Zoom menunjukkan bandwidth kecil yang berarti pengguna dapat menghemat konsumsi data jika memakai aplikasi ini.

Grafik kebutuhan bandwidth

Pengujian juga menunjukkan peningkatan jumlah penggunaan aplikasi sebesar 693% khususnya pada jam kerja selama masa pandemi ini. Untuk menunjang kebutuhan pelanggannya selama work from home atau school from home, Tri Indonesia menawarkan rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00. AlwaysOn Unlimited memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi penunjang seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.

Tri Indonesia juga turut memperluas jangkauan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat guna memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

"Kami juga terus memperluas jangkauan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah. Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat dari ketika jaringan 4G pertama kali diperkenalkan, kami berupaya untuk memastikan pengguna Tri Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” kata Desmond.

Share
×
tekid
back to top